Implementasi Metode AHP-WP pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Teladan (Studi Kasus: Yayasan Abadiyah Kuryokalangan)


Slamet Rif`an, - and Florentina Yuni Arini, - and Alamsyah, FMIPA Ilkom (2016) Implementasi Metode AHP-WP pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Teladan (Studi Kasus: Yayasan Abadiyah Kuryokalangan). UNNES Journal of Mathematics, 5 (1). ISSN 2252-6943

[thumbnail of Implementasi Metode AHP-WP pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Teladan (Studi Kasus Yayasan Abadiyah Kuryokalangan).pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Penilaian - Implementasi Metode AHP-WP pada SPK Pemilihan Guru Teladan.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang aplikasi MADM (Multi Attribute Decision Making) dalam permasalahan pemilihan guru teladan dengan kriteria penilaian: penyusunan bahan ajar, perencanaan kegiatan pembelajaran, penerapan pembelajaran, penguasaan materi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran dan disiplin dalam mengajar. Dalam penelitian ini digunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk pembobotan kriteria dan uji tingkat konsistensi terhadap matriks perbandingan berpasangan. Jika matriks telah konsisten maka dapat dilanjutkan ke proses metode WP (Weighted Product) dalam melakukan perankingan untuk menentukan alternatif terbaik. Metode penelitian meliputi studi pendahuluan, tahap pengumpulan data, tahap pengembangan sistem dan penarikan kesimpulan. Dari hasil perankingan dengan menggunakan sistem ini diperoleh bahwa guru yang memiliki nilai tertinggi yaitu guru dengan kode guru: A05 dengan nilai 0,0195981; sehingga guru tersebut merupakan rekomendasi guru yang terpilih sebagai guru teladan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Decision Support System; AHP-WP; Exemplary Teacher Selection.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:25
Last Modified: 14 Jun 2021 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44119

Actions (login required)

View Item View Item