Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Hidrokarbon Melalui Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dengan Bantuan Teknik Mnemonik di Kelas X Semester 2 SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2005/2006

Indah Karina Yulina, 2006 (2006) Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Hidrokarbon Melalui Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dengan Bantuan Teknik Mnemonik di Kelas X Semester 2 SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Hidrokarbon Melalui Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dengan Bantuan Teknik Mnemonik di Kelas X Semester 2 SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2005/2006) - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Yulina, Indah Karina. 2006. “Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Hidrokarbon Melalui Pendekatan Chemoentrepreneurship (CEP) dengan Bantuan Teknik Mnemonik di Kelas X Semester 2 SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2005/2006”. Skripsi Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dra. Hj. Latifah, M.Si, Pembimbing II Drs. Kusoro Siadi, M.Si. Kata kunci : Hasil belajar, kreativitas, pendekatan chemoentrepreneurship (CEP), teknik mnemonik. Siswa SMA negeri 2 Ungaran khususnya kelas X.2, pada uji blok I yang mencapai ketuntasan belajar kimia hanya 50 % siswa. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kreativitas siswa SMA negeri 2 Ungaran menggunakan pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) dengan bantuan teknik mnemonik. Pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) adalah pendekatan pembelajaran kimia secara kontekstual yang dikaitkan dengan objek nyata sehingga selain mendidik, siswa juga mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk. Sedangkan teknik mnemonik merupakan cara yang digunakan untuk membantu memperhatikan, mendaftarkan informasi, dan mengingat kembali informasi dari dalam ingatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan kreativitas siswa kelas X.2 semester 2 SMA negeri 2 Ungaran tahun ajaran 2005/2006. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes akhir siklus, dan angket. Berdasarkan analisa data hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 70,66, pada siklus II adalah 73,40 dan pada siklus III adalah 79,03. Ketuntasan hasil belajar yang dicapai pada siklus I adalah 78,95 %, meningkat pada siklus II menjadi 89,47 %, dan terjadi peningkatan lagi pada siklus III yaitu menjadi 94,47%. Sedangkan hasil kreativitas siswa juga mengalami peningkatan dari 52,84% pada siklus I, menjadi 63,16% pada siklus II, dan 72,21% pada siklus III. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) dengan bantuan teknik mnemonik dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Saran yang diajukan adalah pembelajaran kimia dengan pendekatan chemoentrepreneurship (CEP), perlu dilaksanakan oleh guru. Untuk membantu siswa dalam menghafal atau memahami sesuatu dengan lebih baik, guru dapat menggunakan teknik mnemonik selama proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, kreativitas, pendekatan chemoentrepreneurship (CEP), teknik mnemonik.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 Sep 2011 20:51
    Last Modified: 14 Nov 2013 04:35

    Actions (login required)

    View Item