Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Tata Krama Siswa


Endang Tri Wahyuningsih, - and Awalya, FIP BK and Maria Theresia Sri Hartati, - (2018) Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Tata Krama Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7 (2). pp. 32-37. ISSN 2252-6374

[thumbnail of Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Tata Krama Siswa.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (351kB) | Preview
[thumbnail of Review Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Tata Krama Siswa.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh lay�anan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik untuk meningkat�kan tata krama siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pre-test dan post�test. Subjek penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah 3 Semarang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tata krama siswa dengan koefisien reliabilitas 0,918 dan pedoman wawancara yang diberikan kepada salah satu Guru BK dan Guru Mata Pelajaran. Anali�sis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji beda (t-test). Tata krama siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik memiliki skor rata-rata 145,06 dan tata krama siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik memiliki rata-rata skor 178,93. Sedangkan pada hasil uji beda (t-test) dengan taraf kesalahan 5% dike�tahui t_hitung > t_tabel (8,25 > 2,039) dan mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,00 (p < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemberian layanan penguasaan konten teknik modeling simbo�lik dalam meningkatkan tata krama siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah 3 Semarang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Service Mastery Of The Content; Manner; Sym�bolic Modelling Technique
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 May 2021 02:46
Last Modified: 26 May 2021 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44003

Actions (login required)

View Item View Item