Meningkatkan Empati melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing
Afridatuz Zahro, - and Awalya, FIP BK and Maria Theresia Sri Hartati, - (2018) Meningkatkan Empati melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Role Playing. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7 (2). pp. 1-6. ISSN 2252-6374
Preview |
PDF
- Published Version
Download (340kB) | Preview |
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik role playing untuk meningkatkan empati siswa kelas XI IPS 1 SMA N 6 Semarang. Metode yang digunakan adalah metode pre-exper�imental design, dengan menggunakan One group pretest-posttest design. Pe�nelitian ini menggunakan teknik studi populasi dengan melibatkan partisipan sebanyak 34 siswa. Kondisi empati siswa sebelum diberikan layanan pengua�saan konten dengan teknik role playing memiliki rata-rata skor sabesar 197.09 termasuk dalam kategori rendah. Sementara kondisi empati siswa sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing memiliki rata-rata skor sebesar 246.06 termasuk dalam kategori sedang. Setiap indika�tor dalam penelitian ini mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik role playing dapat meningkatkan empati siswa, (t = 12,12 , p < 0,01). Penelitian ini membuktikan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik role playing berpengaruh untuk meningkatkan empati siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Empathy; Con�tent Mastery Services; Role Playing Technique |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 May 2021 02:39 |
Last Modified: | 26 May 2021 02:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44002 |
Actions (login required)
View Item |