Pengaruh Sikap, Motivasi Balajar dan Gender Terhadap Prestasi Balajar Akuntansi Siswa Kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2008/2009
Retno Yuliningsih, 3301405556 (2009) Pengaruh Sikap, Motivasi Balajar dan Gender Terhadap Prestasi Balajar Akuntansi Siswa Kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Sikap, Motivasi Balajar dan Gender Terhadap Prestasi Balajar Akuntansi Siswa Kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2008/2009)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh atau dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar di sekolah melalui tes atau evaluasi yang diwujudkan dalam bentuk angka atau huruf. Prestasi belajar ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya sikap, motivasi belajar dan gender. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pengaruh sikap, motivasi belajar dan gender terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2008/2009. Untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2008/2009. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2008/2009. Untuk mengetahui pengaruh gender terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI MA Fathul Ulum kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan yang berjumlah 70 orang terbagi dalam 2 kelas. Variabel yang dikaji yaitu sikap(X1), motivasi belajar(X2), gender(X3) dan prestasi belajar akuntansi(Y). Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dalam kategori tinggi, sikap dalam kategori tinggi, motivasi belajar dalam kategori sedang dan gender sebagai variabel dummy mempengaruhi prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI MA Fathul Ulum Grobogan Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2008/2009. Ada pengaruh signifikan antara sikap, motivasi belajar dan gender secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI MA Fathul Ulum Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2008/2009. Berdasarkan uji simultan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan besarnya pengaruh 58,4% dan sisanya 41,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji parsial variabel sikap diperoleh nilai signifikansi 0,003 besarnya pengaruh 12,25%, variabel motivasi belajar diperoleh nilai signifikansi 0,000 besarnya pengaruh 21,25% dan variabel gender diperoleh nilai signifikansi 0,039 besarnya pengaruh 6,25%. Saran penelitian ini adalah 1.Untuk meningkatkan respon, penilaian dan tindakan yang positif mengenai mata pelajaran akuntansi maka disarankan guru melengkapi media pembelajaran seperti sarana dan prasarana sekolah. 2.Untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi siswa yang berprestasi kurang diperlukan adanya kerjasama dengan siswa yang cukup baik prestasi belajarnya dengan belajar kelompok. 3.bagi para siswa khususnya siswa laki-laki hendaknya lebih meningkatkan prestasi belajar akuntansi dengan lebih tekun belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, sikap, motivasi belajar dan gender |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 18 Mar 2011 03:20 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 03:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44 |
Actions (login required)
View Item |