PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PEMBELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU KELAS V BERBASIS KOMPETENSI PENDEKATAN SEA BERWAWASAN KONSERVASI


Wahyu, Lestari (2014) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PEMBELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU KELAS V BERBASIS KOMPETENSI PENDEKATAN SEA BERWAWASAN KONSERVASI. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 3 (2). pp. 53-63. ISSN 2252-7125

[thumbnail of Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau Kelas V Berbasis Kompetensi Pendekatan SEA Berwawasan Konservasi - Satitra Nindyarani.pdf]
Preview
PDF
Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian psikomotor IPA berbasis kompetensi yang valid, reliabel dan praktis. Instrumen penilaian diujicobakan pada siswa kelas V SD tahun pelajaran 2013/2014 dengan melibatkan 5 guru sebagai sampel penilai. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih SDN 2 Windusari sebagai kelas eksperimen, SDN 1 Windusari sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan angket. Analisis data bersifat kuantitatif untuk mengetahui efektivitas model secara empirik dengan menggunakan analisis multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan model di SD mampu menghasilkan instrumen penilaian yang valid, riliabel dan praktis dengan skor rerata masing-masing sebesar 3,7 (valid); 3,7 (reliabel) dan 3,7 (praktis). Koefesien κ inter rater hasil penilaian terhadap keefektifan instrumen sebesar 0,75, sehingga memenuhi syarat reliabel; tingkat keterlaksanaan model memiliki konsistensi yang tinggi, terbukti percentage of egreement mencapai 84,85%; dan ditemukan adanya perbedaan prestasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Olah data uji banding dua sampel T-test didapat angka sig = 0,938 = 93,8%. Hasil penelitian, disimpulkan bahwa instrumen PAP-IPA materi tumbuhan hijau berbasis kompetensi layak dan dapat meningkatkan penguasaan kompetensi psikomotor. Pada penerapan, seluruh instrumen valid, reliabel, dan praktis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: instrument rating; competence; conservation; psychomotor; Starter Experiment Approach (SEA).
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
L Education > L Education (General) > interpersonal competence
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 May 2021 08:46
Last Modified: 24 May 2021 08:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43987

Actions (login required)

View Item View Item