PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN SIKAP SISWA TERHADAP RADIKALISME ATAS NAMA AGAMA ISLAM


Wahyu, Lestari (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN SIKAP SISWA TERHADAP RADIKALISME ATAS NAMA AGAMA ISLAM. Journal of Educational Research and Evaluation, 5 (1). pp. 64-71. ISSN 2252-6420

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN SIKAP SISWA TERHADAP RADIKALISME ATAS NAMA AGAMA ISLAM - Satitra Nindyarani.pdf]
Preview
PDF
Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis instrumen faktual terkait pengukuran sikap siswa terhadap radikalisme atas nama agama Islam, (2) Mengembangkan instrumen hipotetik pengukuran sikap siswa terhadap radikalisme atas nama agama Islam berbasis, (3) Menghasilkan instrumen akhir berupa buku panduan bagi guru untuk mengukur sikap siswa terhadap radikalisme atas nama agama Islam. yang valid secara isi, valid secara konstruk, reliabel, dan praktis. Metode penelitian adalah mixed methode dengan desain R&D. desain pengembangan instrumen terdiri atas 12 langkah yang terbagi dalam 4 tahap. Teknik pengumpul data menggunakan wawancara, studi dokumen, expert judgement, dan kuesioner. Instrumen pengumpul data menggunakan pedoman wawancara, daftar cek, lembar penilaian ahli, dan angket. Validasi isi diuji dengan teknik expert judgement dan analisis item, validitas konstruk diuji dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA), reliabilitas diuji dengan koefisien Alpha Cronbach. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Jepara. Hasil validasi ahli menghasilkan kesepakatan ahli bahwa instrumen dinyatakan valid. Butir instrumen hipotetik adalah 60 butir. Hasil uji coba I diperoleh 48 butir valid dan 12 butir tidak valid. Hasil uji coba II diuji dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan analisis korelasi item menghasilkan 44 butir valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor 21,7 yang masuk pada kriteria sangat praktis. Simpulan hasil penelitian, instrumen pengukuran sikap siswa terhadap radikalisme atas nama agama Islam terdiri atas 44 butir valid dari segi isi, valid dari segi konstruk, reliable, dan praktis, yang dikemas dalam bentuk buku panduan guru untuk mengukur sikap siswa terhadap radikalisme atas nama agama Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Pengukuran Sikap, Radikalisme Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 17 May 2021 08:36
Last Modified: 17 May 2021 08:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43924

Actions (login required)

View Item View Item