HAMBATAN SISWA KELAS VII DALAM MEMPELAJARI MATA PELAJARAN IPS TERPADU MATERI SOSIOLOGI DI SMP TERBUKA WANADADI BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2008/2009.


Deka Nur Hidayatulloh, 3501403517 (2009) HAMBATAN SISWA KELAS VII DALAM MEMPELAJARI MATA PELAJARAN IPS TERPADU MATERI SOSIOLOGI DI SMP TERBUKA WANADADI BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HAMBATAN SISWA KELAS VII DALAM MEMPELAJARI MATA PELAJARAN IPS TERPADU MATERI SOSIOLOGI DI SMP TERBUKA WANADADI BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2008/2009.]
Preview
PDF (HAMBATAN SISWA KELAS VII DALAM MEMPELAJARI MATA PELAJARAN IPS TERPADU MATERI SOSIOLOGI DI SMP TERBUKA WANADADI BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2008/2009.) - Published Version
Download (527kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS terpadu khususnya Sosiologi memerlukan beberapa elemen dalam pelaksanaanya antara lain guru,sumber belajar, sarana prasarana, dan dukungan dari lingkungan masyarakat serta dari pemerintah. Untuk SMP reguler hal tersebut di atas sangat mudah dipenuhi, tapi lain halnya untuk SMP Terbuka. Dengan pandangan tersebut maka perlu untuk melakukan penelitian di SMP Terbuka. Masalah penelitian ini adalah: hambatan apa saja yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPS materi sosiologi pada siswa Kelas VII di SMP Terbuka Wanadadi Banjarnegara.penelitian hambatan siswa kelas VII dalam mempelajari mata pelajaran IPS terpadu materi Sosiologi di SMP Terbuka Wanadadi Banjarnegara tahun pelajaran 2008/2009. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, kepustakaan, dan dokumentasi. Validitas sebagai pemeriksaan data sebelum melaksakan analisis. Teknik untuk memeriksa kevalidan data yaitu dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan faktor penyebab hambatan kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPS materi sosiologi pada Kelas VII di SMP Terbuka Wanadadi Banjarnegara Kemampuan guru termasuk ke dalam faktor yang kurang memepengaruhi hambatan siswa kelas VII dalam mempelajari mata pelajaran IPS Terpadu Materi Sosiologi di SMP Terbuka Wanadadi. Hambatan faktor siswa berupa latar belakang siswa, tingkat intelegensi, bakat, perhatian dan minat yang dimiliki siswa terhadap pelajaran IPS Terpadu materi Sosiologi. Kemampuan siswa dalam mempelajari mata pelajaran IPS materi Sosiologi merupakan hambatan yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran. Secara umum ekonomi orang tua siswa berasal dari kalangan ekonomi lemah, dari hasil penelitian diperoleh data bahwa lemahnya ekonomi orang tua siswa menghambat pembelajaran IPS materi Sosiologi karena rata-rata orang tua siswa adalah para buruh tani yang lebih mengedepankan materi untuk memenuhi kebutuhan hidup daripada pendidikan anak. Pendidikan yang ditempuh oleh masyarakat di tempat tinggal siswa rata rata hanya sampai pendidikan tingkat dasar, dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa tempat tinggal siswa sebagai faktor penghambat yang banyak dialami oleh para siswa kelas VII di SMP Terbuka Wanadadi Banjarnegara. Guru mampu mengkondisikan kelas namun siswa memiliki masalah yang komplek dalam proses pembelajaranya. Masalah itu antara lain faktor kemampuan siswa dan kondisi sosial ekonomi orangtua dan lingkungan tempat tinggal siswa. Melihat banyaknya hambatan yang paling dominan adalah faktor kemampuan siswa, maka diharapkan guru dapat memotivasi siswa untuk belajar secara mandiri dengan lebih giat untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Selain itu guru juga harus dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2011 00:39
Last Modified: 25 Apr 2015 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item