(ABSTRAK) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DI SMA NEGERI SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS


Dian Ayu Ratnasari, 4401405009 (2009) (ABSTRAK) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DI SMA NEGERI SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DI SMA NEGERI SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DI SMA NEGERI SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Download (239kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA N Sumpiuh didapatkan informasi dari guru mata pelajaran Biologi bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar masih kurang. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa yaitu dengan penerapan strategi pembelajaran Question Student Have. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran materi sistem reproduksi manusia melalui strategi Question Student Have Di SMA Negeri Sumpiuh. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Group Postest-Only Design. Variabel penelitian terdiri dari: variabel bebas yaitu strategi Question Student Have, dan variabel terikat yaitu keaktifan dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian siswa kelas XI SMA Negeri Sumpiuh tahun ajaran 2008/2009. Sampel diambil secara random, yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen I diberi perlakuan pembelajaran dengan strategi Question Student Have dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pembelajaran dengan strategi diskusi informasi. Data yang diperoleh dihitung dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai akhir pada kelas eksperimen I 83,8 > kelas eksperimen II 75,3. Berdasarkan uji t diperoleh thitung sebesar 7,25487 > ttabel untuk dk = 84 dan α = 5 % adalah 1,67 berarti hasil belajar kelas eksperimen I lebih baik dari pada kelas eksperimen II. Data hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siwa kelas eksperimen I 80,4 > kelas eksperimen II 74,9. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan strategi Question Student Have pada materi sistem reproduksi manusia dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Disarankan Guru biologi dalam pembelajaran materi yang lain menggunakan strategi Question Student Have.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, strategi Question Student Have, sistem reproduksi manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 08:36
Last Modified: 22 Sep 2011 08:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4388

Actions (login required)

View Item View Item