ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU AKUNTANSI


Saringatun, Mudrikah (2020) ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU AKUNTANSI. Business and Accounting Education Journal. pp. 238-246. ISSN 2723-4487

[thumbnail of ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU AKUNTANSI - SARINGATUN MUDRIKAH.pdf]
Preview
PDF
Download (254kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat penguasaan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru akuntansi SMK di Kebumen dengan membandingkannya berdasarkan gender, sertifikasi profesi, jenjang pendidikan, latar belakang akademik, serta lama mengajar. Sampel penelitian seluruh guru Akuntansi SMK se Kabupaten Kebumen yang berjumlah 65 orang. Instrumen untuk pengumpulan data berupa kuesioner dengan teknik analisis data berupa analisis data deskriptif dan uji beda (one sample t-test) dengan menggunakan sofware SPSS v21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek yaitu: (1) gender, rata-rata penguasaan PCK bagi guru Akuntansi SMK di Kabupaten Kebumen baik, (2) sertifikasi guru yang diterima, rata- rata PCK guru Akuntansi SMK di Kabupaten Kebumen memiliki perbedaan, khususnya pada aspek pengetahuan konteks, (3) jenjang pendidikannya, rata-rata penguasaan PCK guru Akuntansi SMK di Kabupaten Kebumen baik, (4) latar belakang akademik, rata-rata penguasaan PCK guru Akuntansi SMK di Kabupaten Kebumen adalah sama kecuali pada aspek pengetahuan kurikulum, (5) pengalaman mengajarnya, rata-rata penguasaan PCK guru Akuntansi SMK di Kabupaten Kebumen adalah sama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gender, Teacher certification, Education level, Educational background, Teaching experience, PCK
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:08
Last Modified: 20 Apr 2021 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43786

Actions (login required)

View Item View Item