PENCABUTAN HAK ATAS TANAH DAN BENDA YANG ADA DIATASNYA: ANTARA ADA DAN TIADA (Revocaton of Interest in Land and Property: A Grey Area)


Rofi Wahanisa, - (2019) PENCABUTAN HAK ATAS TANAH DAN BENDA YANG ADA DIATASNYA: ANTARA ADA DAN TIADA (Revocaton of Interest in Land and Property: A Grey Area). Jurnal Rechts Vinding media pembinaan Hukum Nasional, 8 (3). pp. 443-459. ISSN 2089-9009

[thumbnail of 346-1322-1-PB (1) - AGUS BUDIARDJO.pdf]
Preview
PDF
Download (513kB) | Preview

Abstract

Perubahan adalah suatu keniscayaan sebagai cara untuk mengikut perkembangan jaman, bisa terjadi di segala sisi kehidupan. Perubahan bisa dilakukan secara cepat maupun secara pelan atau bertahap. Perubahan tersebut sering disebut dengan reformasi. Pun dalam bidang hukum, perlu dilalukan reformasi, baik secara cepat maupun bertahap, dalam hal pembentukan dan penegakan hukum. Salah satu bentuk reformasi yang dilakukan secara bertahap di bidang hukum adalah dengan melakukan perubahan undang-undang. Termasuk di bidang pertanahan dengan melakukan identfkasi peraturan yang secara eksistensinya antara “ada dan tada”. Salah satu peraturan yang secara eksistensi ada namun keberlakuannya hanya sekali diberlakukan yaitu di bidang pengadaan tanah yaitu Undang-undang Nomor 20 Tahun 1961 tentang Pencabutan Hak-Hak atas Tanah dan Benda-benda yang ada diatasnya. Dalam tulisan ini akan dibahas lebih lanjut mengenai keberadaan Undang-undang Nomor 20 Tahun 1961 tentang Pencabutan Hak-Hak atas Tanah dan Benda-benda yang ada diatasnya, hal ini menjadi pentng untuk dibahas dengan semakin massive nya kegiatan pembangunan khususnya di bidang infrastruktur. Hal ini tentu, selain memerlukan peraturan yang akamodatf sebagai payung hukum pelaksanaan kegiatan pengadaan tanah, untuk mewujudkan kepentngan umum sekaligus diperlukan aturan hukum yang memberikan kepastan, sekaligus kemanfaatan dan keadilan bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan pengadaan tanah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pencabutan hak atas tanah, pengadaan tanah, kepentingan umum
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Apr 2021 08:22
Last Modified: 19 Apr 2021 08:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43779

Actions (login required)

View Item View Item