Komparasi Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Film Dan Panel Peraga Pada Kompetensi Sistem Penerangan Sepeda Motor.


Ainun Najib, - and Hadromi, FT Pendidikan Teknik Otomotif (2015) Komparasi Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Film Dan Panel Peraga Pada Kompetensi Sistem Penerangan Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15 (2). pp. 68-72. ISSN 1412- 1247

[thumbnail of Komparasi Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Film Dan Panel Peraga Pada Kompetensi Sistem Penerangan Sepeda Motor..pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Review Komparasi Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Film Dan Panel Peraga Pada Kompetensi Sistem Penerangan Sepeda Motor.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (542kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diterapkan media film lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang diterapkan alat peraga sistem penerangan sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa Kelas XI TSM SMK Negeri 1 Tengaran, terdapat tiga kelas yang mengambil jurusan TSM dan jumlah populasinya sebanyak 110 siswa. Sampel yang digunakan adalah 35 siswa kelas XI TSM 2 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas XI TSM 3 sebagai kelas control. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar pada tes pre-test mencapai 51,26 dan setelah diberikan media peraga meningkat menjadi 72,74, sehingga pada kelas kontrol setelah diberikan metode peraga mengalami peningkatan rata-rata mencapai 21,48 dan pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar pada tes pre-test mencapai 51,00 dan setelah diberikan media film meningkat menjadi 79,80, sehingga pada kelas eksperimen setelah diberikan metode film mengalami peningkatan rata-rata mencapai 28,80 lebih besar dari pada kelas kontrol yang hanya mencapai 21,48.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penerapan, hasil belajar, media film, sistem penerangan sepeda motor
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 18 Apr 2021 02:19
Last Modified: 18 Apr 2021 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43760

Actions (login required)

View Item View Item