Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Ketrampilan Memperbaiki Kopling dan Komponen-Komponennya pada Siswa Kelas XI SMK N 1 Adiwerna


M Arief Alfi Ardian, - and Masugino, - and Hadromi, FT Pendidikan Teknik Otomotif (2014) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Ketrampilan Memperbaiki Kopling dan Komponen-Komponennya pada Siswa Kelas XI SMK N 1 Adiwerna. Automotive Science and Education Journal, 3 (1). pp. 31-39. ISSN 2252-6595

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Ketrampilan Memperbaiki Kopling dan Komponen-Komponennya pada Siswa Kelas XI SMK N 1 Adiwerna.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (358kB) | Preview
[thumbnail of Review Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Ketrampilan Memperbaiki Kopling dan Komponen-Komponennya pada Siswa Kelas XI SMK N 1 Adiwerna.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain model inkuiri pada mata pelajaran kopling dan komponen-komponennya, serta membuktikan adanya peningkatan prestasi belajar dalam hal memperbaiki kopling setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri pada materi kopling. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan setiap siklusnya meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui persentase ketuntasan klasikal dari pre-test, siklus I, dan siklus II. Pada kegiatan pre-test, siswa yang tuntas hanya 17 siswa atau 53,125%. Selanjutnya pada siklus I, siswa yang termasuk dalam kategori tuntas meningkat menjadi 23 siswa atau 71,875%. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 18,75% dari pre-test. Kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 84,375% atau 27 siswa tuntas KKM. Berarti dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Dari penjelasan di atas bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri efektif untuk meningkatkan keterampilan memperbaiki kopling dan komponen-komponennya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inquiry, Clutch, Learning Outcomes
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 18 Apr 2021 02:13
Last Modified: 18 Apr 2021 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43759

Actions (login required)

View Item View Item