Penerapan Alat Peraga Motor Starter Tipe Reduksi Berbasis Led untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa


Septian Chandra Maulana, - and Hadromi, FT Pendidikan Teknik Otomotif (2014) Penerapan Alat Peraga Motor Starter Tipe Reduksi Berbasis Led untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Automotive Science and Education Journal, 3 (2). ISSN 2252-6595

[thumbnail of Penerapan Alat Peraga Motor Starter Tipe Reduksi Berbasis Led untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Review Penerapan Alat Peraga Motor Starter Tipe Reduksi Berbasis Led untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (536kB) | Preview
[thumbnail of Hadromi_DIPA FT-2018.pdf] PDF - Published Version
Download (850kB)
[thumbnail of Hadromi_DIPA UNNES 2020.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Hadromi_Penelitian Dipa FT.2020.PDF] PDF - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Hadromi_Penelitian Dipa FT_2019.pdf] PDF - Published Version
Download (397kB)
[thumbnail of Hadromi_Penelitian DIPA_Pasca 2017.pdf] PDF - Published Version
Download (212kB)
[thumbnail of Kontrak Pengabdian DRPM 2016.pdf] PDF - Published Version
Download (331kB)
[thumbnail of Penelitian Pasca 2020.pdf] PDF - Published Version
Download (391kB)

Abstract

Tujuan penelitian di SMK N 1 Semarang adalah 1) Mendesaian alat peraga motor starter 2) Menguji kelayakan alat peraga motor starter 3) Mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan pola pre-test post-test control group design. Pengolahan data menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui seberapa besar nilai rata-rata hasil belajar siswa, perhitungan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan uji kelayakan alat peraga mendapat kriteria layak dengan skor uji materi 4 dan 4 untuk uji media. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 78,33 dengan peningkatan sebesar 15,73 (25,12%), sedangkan rata-rata nilai belajar kelompok kontrol sebesar 70,10 dengan peningkatan sebesar 6,87 (10,86%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: visual aid, motor starter, learning result competency
Subjects: L Education > teacher competence
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 18 Apr 2021 02:07
Last Modified: 21 Jan 2022 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43758

Actions (login required)

View Item View Item