PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILLKONSERVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS


Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika (2016) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILLKONSERVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Journal of Innovative Science Education, 5 (2). pp. 111-120. ISSN 2502-4523

[thumbnail of document (3).pdf]
Preview
PDF
Download (602kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang saat ini berlangsung masih cenderung mengutamakan aspek kognitif. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru belum memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar secara optimalsehingga soft skillkonservasi belum muncul serta keterampilan proses sains masih rendah. Budaya masyarakat sebagai pengrajin kerupuk rambak belum menarik perhatian siswa untuk memikirkan dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan. Oleh karena itu diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran kontekstual yang disesuaikan dengan lingkungan di sekitar sekolah yaitu terkait pengolahan limbah kerupuk rambak. Sumber data berasal dari data seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegandon Kendal, dan data dari ahli yang kompeten. Instrumen berupa lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi untuk soft skillkonservasi, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar angket respon siswa terhadap pembelajaran, dan lembar soal tes kognitif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skillkonservasi mengalami peningkatan dan keterampilan proses sains memperoleh kriteria tinggi. Rata-rata hasil belajar uji coba luas1 sebesar 73,4 dan pada uji coba luas2 sebesar 71,2. Siswa juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan soft skillkonservasi, keterampilan proses sains, dan hasil belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Contextual, Soft Skills of Conservation, Science Process Skills
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Mar 2021 07:34
Last Modified: 31 Mar 2021 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43658

Actions (login required)

View Item View Item