(ABSTRAK) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009


Trisandi Hariawan, 3201404048 (2009) (ABSTRAK) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran geografi yang sangat luas tidak memungkinkan siswa untuk mendapatkan materi hanya dari guru saja. Dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini, siswa lebih banyak memiliki kesempatan untuk belajar dari berbagai sumber belajar guna meningkatkan prestasi belajar mereka. Akan tetapi dibutuhkan motivasi atau keinginan dari diri individu siswa itu sendiri untuk memanfaatkan sumber belajar yang mereka punyai sehingga dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar tersebut diharapkan prestasi belajar mereka juga meningkat. Namun, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa besarkah pemanfaatan sumber belajar geografi oleh siswa kelas X SMA Negeri 6 Semarang?, (2) Bagaimanakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran geografi pada siswa kelas X SMAN 6 Semarang? Penelitian ini bertujuan: (1) Ingin mengetahui tingkat pemanfaatan berbagai sumber belajar geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2008/2009, (2) Ingin mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 359 orang. Pengambilan sampel yang berjumlah 90 siswa dilakukan dengan simple random sampling. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) pemanfaatan berbagai sumber belajar oleh siswa kelas X semester I SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2008/2009, dan (2) prestasi belajar geografi siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2008/2009. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan berbagai sumber belajar oleh siswa kelas X SMA Negeri 6 Semarang pada semester 1 tahun ajaran 2008/2009 masih rendah terbukti dari rendahnya pemanfaatan sumber belajar yang berupa media pendidikan, perpustakaan, media masa dan lingkungan sebagai sumber belajar. Pemanfaatan sumber belajar geografi tersebut memiliki pengaruh yang tinggi terhadap prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,656 dan persamaan regresi Y = 65,182 + 0,121X. Persamaan regresi tersebut mengandung makna bahwa hubungan antara variabel X dengan variabel Y berbanding lurus, semakin baik pemanfaatan sumber belajar geografi semakin baik pula prestasi belajar yang diperoleh. Berdasarkan uji F, dengan dk1= 1 dan dk2= 88, dan taraf signifikansi α = 5%, diperoleh Fhitung sebesar 167,885 dan ix Ftabel sebesar 3,95. Karena nilai Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang dianjurkan dapat diterima dengan taraf signifikansi 95% Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum pemanfaatan sumber belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi yang dicapai. Artinya pada siswa yang memanfaatkan sumber belajar geografi secara baik cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Prestasi belajar mata pelajaran geografi yang dicapai siswa rata-rata 71,44 dan tergolong cukup. Kurang optimalnya prestasi ini disebabkan karena rendahnya pemanfaatan sumber belajar baik media pembelajaran, perpustakaan, media masa, dan lingkungan. Adanya pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2008/2009 perlu diperhatikan agar dapat menjadi fungsional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Semarang pada tahun-tahun yang akan datang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para siswa maupun guru. Para siswa diharapkan dapat mencermati faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajarnya, terutama yang berkaitan dengan sumber belajarnya. Demikian juga dengan para guru bahwa dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswanya diharapkan dapat memberikan arahan dan petunjuk kepada siswanya agar lebih banyak memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitarnya guna mendapatkan prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Sumber Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2011 06:50
Last Modified: 22 Sep 2011 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4365

Actions (login required)

View Item View Item