KONSEPSI PARALEL MAHASISWA CALON GURU FISIKA PADA TOPIK MEKANIKA


Suharto Linuwih, MIPA Pendidikan Fisika (2011) KONSEPSI PARALEL MAHASISWA CALON GURU FISIKA PADA TOPIK MEKANIKA. Doctoral thesis, Unnes.

[thumbnail of sampul disertasi suharto linuwih.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan berbagai konsepsi paralel dan menelusuri faktor-faktor kognitif yang menyebabkannya, serta prinsip-prinsip pembelajaran untuk mengarahkan konsepsi paralel menjadi konsepsi ilmiah. Subyek penelitian ini meliputi mahasiswa baru, mahasiswa yang memasuki setengah perjalanan kuliah dan mahasiswa yang memasuki tahun akhir perkuliahan. Pada tahap awal, sejumlah 180 mahasiswa pendidikan fisika diberi soal-soal mendasar tentang konsep dan konteks mekanika. Dua tipe soal yaitu soal tes objektif benarsalah dan soal esai, terbagi menjadi empat kelompok sub topik, yaitu: kinematika partikel, dinamika partikel, usaha & energi, serta momentum linear dan tumbukan. Sebagian besar jawaban tes tertulis memperlihatkan konsepsi paralel mahasiswa semester I, III, V, dan semester akhir. Kegiatan wawancara dilakukan untuk mempertegas jawaban siswa serta menggali lebih lanjut keberadaan konsepsi paralel. Sejumlah 60 mahasiswa diwawancarai berdasarkan banyaknya indikasi konsepsi paralel dari jawaban tes tertulis. Hasil analisis kualitatif berdasarkan tes tertulis dan wawancara mengungkapkan keberadaan konsepsi paralel tentang mekanika yang terjadi pada mahasiswa dari semester I sampai semester akhir. Pada beberapa konteks terdapat perbedaan konsepsi paralel lintas semester dengan tingkat kognisi semakin tinggi, namun ada beberapa konsep yang memunculkan konsepsi paralel yang tidak berubah lintas semester. Secara umum konsepsi paralel yang terjadi pada mahasiswa disebabkan oleh enam faktor yaitu: intuisi, pembelajaran, fragmentasi, pemahaman kurang mendalam, apresiasi konseptual dan penggunaan teori spesifik. Upaya mengatasi konsepsi paralel pada tiap kasus berbeda-beda bergantung konsep/konteks dan penyebabnya. Upaya itu meliputi: pembelajaran bermakna, pembelajaran konteks, pembelajaran yang menggunakan peta konsep dan berdiskusi sehingga mahasiswa menyadari untuk mengubah kerangka berpikirnya..

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:18
Last Modified: 15 Mar 2022 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43574

Actions (login required)

View Item View Item