PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN PENDEKATAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KOLOID


Agung Tri Prasetya, - (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN PENDEKATAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KOLOID. Chemistry in Education, 4 (2). pp. 22-28. ISSN 2252-6609

[thumbnail of 13. Artikel CheminEd 3-1 (Anggota) 2014 - Siti Herlina.pdf]
Preview
PDF
Download (759kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh penerapan metode role playing dengan pendekatan konsep terhadap hasil belajar koloid siswa. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Rawalo tahun pelajaran 2012/2013. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest and postest group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode role playing dengan pendekatan konsep dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ceramah dan diskusi. Metode pengolahan data yaitu dengan menggunakan metode inferensial dan deskriptif. Metode inferensial menggunakan statistik parametris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dan peningkatan yang signifikan metode role playing dengan pendekatan konsep terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh penerapan metode role playing dengan pendekatan konsep terhadap hasil belajar siswa 48,58%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan metode role playing dengan pendekatan konsep pada materi koloid memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Rawalo

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: colloids concept approach learning outcomes role playing methods
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:39
Last Modified: 29 Mar 2021 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43573

Actions (login required)

View Item View Item