PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC MULTIPLE BOX TO BOX JUMP DAN LATERAL HOPS TERHADAP HASIL VERTICAL JUMP PADA ATLET KLUB IVOKAS


Nasuka, Nasuka (2016) PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC MULTIPLE BOX TO BOX JUMP DAN LATERAL HOPS TERHADAP HASIL VERTICAL JUMP PADA ATLET KLUB IVOKAS. proceeding seminar nasional dalam rangka dies ke 36 universitas tunas pembangunan Surakarta.

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Download (73kB) | Preview
[thumbnail of Peer Review] PDF (Peer Review)
Download (614kB)

Abstract

Masalah penelitian adalah: 1) Apakah ada pengaruh latihan multiple box to box jump terhadap hasil vertical jump pada atlet klub Ivokas?, 2) Apakah ada pengaruh latihan lateral hops terhadap hasil vertical jump pada atlet klub Ivokas?, 3) Manakah yang lebih efektif antara latihan plyometric multiple box to box jump dan latihan lateral hops terhadap hasil vertical jump pada atlet klub Ivokas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tinggi lompatan pada atlet klub Ivokas. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 atlet dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 20 atlet. Hasil analisis data pretest dan posttest kelompok eksperimen I yang diberikan latihan Multiple box to box jump diperoleh nilai thitung = 3.039 > ttabel = 2,262. Analisis data pretest dan posttest kelompok eksperimen II yang diberikan latihan Lateral hops diperoleh nilai thitung = 2.874 > ttabel = 2,262. Hasil analisis data posttest kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II diperoleh thitung = 0.896 < ttabel = 2,262. Berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan Multiple box to box jump dan Lateral hops terhadap hasil vertical jump pada atlet klub Ivokas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada perbedaan pengaruh hasil latihan Multiple box to box jump dan Lateral hops terhadap hasil vertical jump pada atlet klub IVOKAS, Latihan Multiple box to box jump dan Lateral hops sama-sama berpengaruh terhadap hasil vertical jump pada atlet klub IVOKAS, dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua latihan tersebut. Maka saran dari peneliti bagi pelatih klub Ivokas dapat menggunakan latihan multiple box to box jump dan lateral hops sebagai salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan power otot tungkai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: voli, latihan multiple box to box jump, latihan lateral hops, vertical jump.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:57
Last Modified: 08 Feb 2022 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43569

Actions (login required)

View Item View Item