Penggunaan Media Komik Berbasis ARCS ( Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Pada Materi Saling Hubungan Dalam Ekosistem Di SMP Negeri 1 Siwalan.


Arum Sulistyowati, 4401406552 (2011) Penggunaan Media Komik Berbasis ARCS ( Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Pada Materi Saling Hubungan Dalam Ekosistem Di SMP Negeri 1 Siwalan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Media Komik Berbasis ARCS ( Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Pada Materi Saling Hubungan Dalam Ekosistem Di SMP Negeri 1 Siwalan.]
Preview
PDF (Penggunaan Media Komik Berbasis ARCS ( Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Pada Materi Saling Hubungan Dalam Ekosistem Di SMP Negeri 1 Siwalan.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah media yang membawa pesan atau informasi yang bertujuan secara instruktusional atau mengandung pesan pembelajaran yang tercantum sesuai kurikulum. Penggunaan media yang tepat akan meningkatkan hasil belajar dan membuat proses belajar mengajar menjadi menarik dan menyenangkan, bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah penggunaan media komik berbasis ARCS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi materi saling hubungan dalam ekosistem di SMP N 1 Siwalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik berbasis ARCS terhadap hasil belajar siswa pada materi saling hubungan dalam ekosistem di SMP N 1 Siwalan. Populasi penelitian ini, siswa kelas VII SMP N 1 Siwalan dengan sampel kelas VII A, VII D, VII E sebagai kelas penelitian, variabel yang diteliti yaitu 1) variabel bebas : penggunaan media komik berbasis ARCS. 2) variabel terikat : hasil belajar siswa pada materi saling hubungan dalam ekosistem siswa kelas VII semester genap di SMP N 1 Siwalan. Desain yang digunakan adalah Pre experimental design (One Shot case Study). Analisis yang dilakukan adalah analisis hasil belajar siswa, analisis aktivitas siswa, analisis tanggapan guru dan kinerja guru, analisis tanggapan siswa serta analisis para pakar. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil belajar dari ketiga kelas perlakuan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ketuntasan klasikal siswa ≥85% mendapatkan nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal yaitu siswa memperoleh nilai ≥65. Hasil analisis keaktifan yang telah dilakukan menunujukkan bahwa lebih dari 75% siswa dari ketiga kelas perlakuan mencapai kriteria keaktifan tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media komik berbasis ARCS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi saling hubungan dalam ekosistem di kelas VII SMP N 1 Siwalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Komik Berbasis ARCS, Saling Hubungan dalam Ekosistem.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 28 Mar 2011 08:33
Last Modified: 25 Apr 2015 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item