MODEL OF CONSTRUCTIVE LEARNING IN LEARNING ARTS CULTURE OF MUSIC MADRASAH TSANAWIYAH 1 SEMARANG
Abdul, Rachman (2020) MODEL OF CONSTRUCTIVE LEARNING IN LEARNING ARTS CULTURE OF MUSIC MADRASAH TSANAWIYAH 1 SEMARANG. Jurnal Seni Musik, 9 (1). pp. 40-49. ISSN 2301-6744
Preview |
PDF
Download (451kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran seni musik di kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Semarang menggunakan pendekatan kontruktivis berjalan secara terorganisir, hal ini dibuktikan dengan pembelajaran sudah menggunakan model pembelajaran penangkapan yang memiliki tiga tahap antara lain (a) penyajian advance organizer, pendidik memberikan gambaran umum mengenai istilah-istilah penunjang tentang musik (b) penyajian materi atau tugas belajar, membuat diskusi antar siswa dan di evaluasi oleh tenaga pendidik dan (c) memperkuat organisasi kognitif, tanya jawab dan pendalaman materi. Pembelajaran dilaksanakan dalam waktu 2x45 menit dengan pembagian tahap penyajian advance organizer berdurasi waktu 15 menit, tahap penyajian materi atau tugas belajar dilaksanakan dalam waktu 60 menit, dan tahap memperkuat organisasi kognitif berdurasi 15 menit. Saran yang dapat penulis sampaikan antara lain: (1) pendidik hendaknya dapat memanfaatkan media pembelajaran seperti alat musik maupun proyektor yang di miliki sekolah secara maksimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audio visual, media, music learning |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > ML Literature of music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | setyarini unnes |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 07:08 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 07:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43483 |
Actions (login required)
View Item |