MODEL OF CONSTRUCTIVE LEARNING IN LEARNING ARTS CULTURE OF MUSIC MADRASAH TSANAWIYAH 1 SEMARANG


Abdul, Rachman (2020) MODEL OF CONSTRUCTIVE LEARNING IN LEARNING ARTS CULTURE OF MUSIC MADRASAH TSANAWIYAH 1 SEMARANG. Jurnal Seni Musik, 9 (1). pp. 40-49. ISSN 2301-6744

[thumbnail of 30339-Article Text-97892-1-10-20200618 - ABDUL RACHMAN.pdf]
Preview
PDF
Download (451kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran seni musik di kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Semarang menggunakan pendekatan kontruktivis berjalan secara terorganisir, hal ini dibuktikan dengan pembelajaran sudah menggunakan model pembelajaran penangkapan yang memiliki tiga tahap antara lain (a) penyajian advance organizer, pendidik memberikan gambaran umum mengenai istilah-istilah penunjang tentang musik (b) penyajian materi atau tugas belajar, membuat diskusi antar siswa dan di evaluasi oleh tenaga pendidik dan (c) memperkuat organisasi kognitif, tanya jawab dan pendalaman materi. Pembelajaran dilaksanakan dalam waktu 2x45 menit dengan pembagian tahap penyajian advance organizer berdurasi waktu 15 menit, tahap penyajian materi atau tugas belajar dilaksanakan dalam waktu 60 menit, dan tahap memperkuat organisasi kognitif berdurasi 15 menit. Saran yang dapat penulis sampaikan antara lain: (1) pendidik hendaknya dapat memanfaatkan media pembelajaran seperti alat musik maupun proyektor yang di miliki sekolah secara maksimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Audio visual, media, music learning
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: setyarini unnes
Date Deposited: 23 Mar 2021 07:08
Last Modified: 23 Mar 2021 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43483

Actions (login required)

View Item View Item