IbM Siswa Akuntansi SMKN 1 Salatiga
Nurdian Susilowati, - (2019) IbM Siswa Akuntansi SMKN 1 Salatiga. ABDIMAS, 23 (2). pp. 128-133. ISSN 1410-2765
Preview |
PDF
Download (273kB) | Preview |
Abstract
Salah satu cara untuk meningkatkan literasi keuangan siswa adalah dengan mengenalkan personal budget project. Tujuan personal budget project adalah untuk memperkenalkan beberapa konsep keuangan penting yang akan membantu siswa membuat keputusan yang baik untuk sekarang dan yang akan datang. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu (1) memahamkan financial literacy, dan (2) memahamkan personal budget. Kegiatan dilakukan di SMKN 1 Salatiga pada siswa kelas XI akuntansi yang berjumlah 60 siswa. Metode yang digunakan adalah pelatihan. Kegiatan pengabdian dilakukan selama sehari dari pagi sampai sore. Hasil kegiatan pengabdian yaitu, pertama siswa mengalami peningkatan pemahaman financial literacy. Siswa semakin paham akan pentingnya mengelola keuangan untuk kebutuhan dimasa yang akan datang. Kedua, dapat menyusun personal budget berupa perencanaan anggaran, alokasi pengeluaran, dan tabungan. Sebagian siswa memiliki pekerjaan sambilan seperti jadi pelayan toko, rumah makan, dan jualan kebutuhan sekolah. Mereka mengatakan bahwa perlu melakukan penyusunan personal budget agar dimasa mendatang memiliki keuangan yang sehat. Artinya, tidak mengalami kesulitan keuangan jika sudah diren- cankan keuangan yang baik. Pengelolaan keuangan pribadi seperti menyiapkan anggaran, belajar tentang pengeluaran, dan tabungan dapat meningkatkan financial behavior yang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | personal budget project; financial literacy; pelatihan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | setyarini unnes |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 02:25 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 02:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43452 |
Actions (login required)
View Item |