Pengaruh Motivasi Memilih Program Studi Ilmu Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Program studi Ilmu Sosial di SMA Negeri 9 Semarang


Verry Trisnawati , 3301401108 (2005) Pengaruh Motivasi Memilih Program Studi Ilmu Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Program studi Ilmu Sosial di SMA Negeri 9 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi Memilih Program Studi Ilmu Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Program studi Ilmu Sosial di SMA Negeri 9 Semarang]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi Memilih Program Studi Ilmu Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Program studi Ilmu Sosial di SMA Negeri 9 Semarang) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi sebagai salah satu faktor utama yang mempengaruhi kegiatan belajar dan prestasi belajar siswa. Seseorang yang memiliki motivasi mempunyai kecenderungan untuk mencurahkan segala kemampuan dan potensinya untuk mencapai tujuan. Sebagai salah satu yang turut mempengaruhi siswa dalam memilih program studi motivasi berpengaruh terhadap prestasi yang akan diperoleh siswa. Namun kuat dan lemahnya motivasi setiap orang berbeda dipengaruhi oleh faktor cita-cita atau aspirasi, kemampuan belajar, kondisi siswa, kondisi lingkungan, unsur dinamis dalam pembelajaran, upaya guru dalam membelajarkan siswa. Namun kebenaran dari argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh antara motivasi memilih program studi ilmu sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas XII program studi ilmu sosial di SMA Negeri 9 Semarang, (2) Seberapa besar pengaruh motivasi memilih program studi ilmu sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh motivasi siswa memilih program studi ilmu sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas XII program studi ilmu sosial di SMA Negeri 9 Semarang, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi memilih program studi ilmu sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas XII program studi ilmu sosial di SMA Negeri 9 Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII program studi ilmu sosial SMA Negeri 9 Semarang sejumlah 167 siswa. Pengambilan sampel sejumlah 64 siswa dilakukan dengan tehnik proporsional random sampling, dengan persentase ketidaktelitian 10% dari populasi 167 siswa. Ada 2(dua) macam variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Variabel motivasi memilih program studi ilmu sosial (X) dan (2) prestasi belajar siswa sebagai variabel (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode angket atau kuesioner, metode dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan tehnik deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara motivasi memilih program studi ilmu sosial terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien regresi Y = 42,416 + 0,273X, hasil koefisien korelasi rxy =0,619 dengan taraf signifikan 5%, menunjukkan ada pengaruh signifikan antara motivasi memilih program studi ilmu sosial terhadap prestasi belajar siswa, dan koefisien determinasi R2=0,4779 yang menunjukkan pengaruh variabel motivasi memilih program studi ilmu sosial terhadap prestasi belajar siswa sebesar 47,79% sedangkan sisanya 52,21% diteliti oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa motivasi memilih program studi ilmu sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak baik sekolah, guru, siswa. Pihak sekolah kedepannya dapat membuka program studi baru, bagi guru hendaknya membantu siswa memberikan informasi maupun pengarahan kepada siswa dalam memilih program studi. Sedangkan bagi siswa belajar dengan baik, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru serta tidak menganggap remeh mata pelajaran yang ada pada program studi ilmu sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Program Studi Ilmu Sosial, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Mar 2011 08:33
Last Modified: 25 Apr 2015 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item