PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PELUANG PADA MATAKULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD


Elok, Fariha Sari (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PELUANG PADA MATAKULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU, 2019. pp. 187-197. ISSN 978-623-91681-0-0

[thumbnail of 7797-17615-1-PB.pdf]
Preview
PDF
Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif materi peluang pada mata kuliah pembelajaran matematika SD. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE. Yaitu salah satu model pengembangan media yang digunakan dalam berbagai jenis pengembangan media pembelajaran. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE menurut Lee & Owens (2004) yang terdiri dari 5 tahap yaitu : (1)analisis, (2) desain, (3)pengebangan, (4) implementasi, (5) evaluasi.Validasi media dilakukan oleh seorang ahli media dan ahli materi. Media yang dihasilkan diujicobakan kepada 40 orang mahasiswa semester 5 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (Jurusan PGSD FIP UNNES). Hasil pengembangan media ini berupa file media pembelajaran interaktif materi peluang yang dapat digunakan dengan laptop. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media layak digunakan terbukti dengan validasi ahli media mendapatkan nilai 3,2 yang artinya masuk dalam kategori layak digunakan, ahli materi mendapatkan nilai 3,2 masuk dalam kategori layak digunakan tanpa revisi, dan respon positif mahasiswa sebanyak 90,9% menyatakan media layak digunakan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Mar 2021 06:38
Last Modified: 15 Mar 2021 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43383

Actions (login required)

View Item View Item