Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMA Negeri I Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi.

Dwui Winarno, 2006 (2006) Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMA Negeri I Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMA Negeri I Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi.) - Published Version
Download (20Kb)

    Abstract

    Dwi Winarno. 2006. Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMA Negeri I Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi. Jurusan Ekonomi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Partono, Pembimbing II : Drs. Muhsin, M.Si. 69 hal. Kata Kunci : Intensitas Komunikasi Keluarga,Kreatvitas Belajar Siswa Pendidikan dilaksanakan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dengan demikian keluarga merupakan salah satu lembaga yang mengemban tugas dan tanggung jawab dalam pencapaian tujuan pendidikan, oleh karena itu keluarga sangat berperan penting dalam proses belajar anak. Kreativitas merupakan hasil belajar dalam kecakapan kognitif, sehingga untuk menjadi kreatif dapat dipelajari melalui proses belajar mengajar yang bisa dipengaruhi dari berbagai faktor, diantaranya adalah faktor komunikasi antar keluarga. Data yang peneliti peroleh menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua siswa berpendidikan rendah , mata pencaharian orang tua siswa yang terbanyak adalah petani. Komunikasi keluarga antara siswa dengan orang tuanya sudah berjalan tetapi masih perlu ditingkatkan, mengingat kebanyakan orang tua siswa bekerja sebagai petani dan buruh yang waktunya dalam sehari–hari lebih banyak dihabiskan untuk bekerja, sehingga mereka hanya mempunyai sedikit waktu untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya. Melihat kenyataan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang “Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMA Negeri I Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh intensitas komunikasi keluarga terhadap kreativitas belajar siswa SMA Negeri I Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimankah Intensitas Komunikasi Keluarga Siswa SMA Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006, 2) Bagaimanakah Kreativitas Belajar siswa SMA Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006, 3) Adakah pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga terhadap Kreatiitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006, 4) Seberapa besar pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga terhadap Keativitas Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006. Populasi dalam . penelitian ini adalah Siswa SMA Negeri I Sigaluh Banjarnegara, yang terdiri dari kelas I sebanyak 200 siswa, kelas II sebanyak 210 siswa, dan kelas III sebanyak 214 siswa. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 10% dari jumlah populasi atau 62 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan proportional stratified random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari intensitas komunikasi keluarga sebagai variabel bebas dan kreativitas belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa intensitas komunikasi keluarga termasuk kategori baik (64,67%). Kreativitas belajar siswa siswa termasuk kategori cukup baik (62,29%). Hasil analisis regesi memperoleh persamaan regesi = 14,382 + 0,673X. Uji keberartian persamaan regesi dengan uji F diperoleh FYˆ hitung = 44,174 dengan probabilitas sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi keluarga terhadap kreativitas belajar siswa SMA Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2005/2006. Besarnya pengaruh tersebut yaitu 42,4%. Saran yang dapat penulis ajukan berdasarkan kasil penelitian tersebut yaitu : 1) Orang tua hendaknya meningkatkan itensitas komunikasi yang tercipta dalam keluarga, khususnnya dalam membina keterbukaan dari sesama anggota keluarga dan dukungan keluarga terhadap kebutuhan belajar anak yang keduanya baru masuk dalam kategori cukup agar kreatifitas belajar anak yang saat ini baru dalam kategori cukup dapat ditingkatkan secara optimal, dan 2) Siswa hendaknya menyadari segala keterbatasan yang ada dalam keluarganya, sebab tidak semua orang tua mampu mencukupi semua kebutuhan belajar yang dibutuhkan anak. Sebagai seorang anak dituntut untuk lebih membuka diri terhadap orang tua agar orang tua mengerti segala permasalahan yang dia hadapi dan dapat memberikan solusi untuk pemecahannya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Intensitas Komunikasi Keluarga,Kreatvitas Belajar Siswa
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 21 Sep 2011 23:46
    Last Modified: 21 Sep 2011 23:46

    Actions (login required)

    View Item