Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Fisika Kelas VIII SMP Materi Gerak Pada Benda


Aula Husnawati, - and Hartono, - and Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika (2019) Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Fisika Kelas VIII SMP Materi Gerak Pada Benda. Unnes Physics Education Journal, 8 (2). pp. 134-140. ISSN 2252-6935

[thumbnail of Turnitin Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Fisika Kelas VIII SMP Materi Gerak Pada Benda.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Review Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Fisika Kelas VIII SMP Materi Gerak Pada Benda.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP, melalui pengembangan soal HOTS Fisika SMP. Hal ini didasarkan pada kurangnya keterampilan siswa dalam menjawab soal yang sifatnya menuntut analisis, evaluasi, dan kreativitas, sehingga dalam pembelajaran mereka tidak dapat menjawab soal yang membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan didapat tiga kelas yaitu kelas VIII D,E,F. Selanjutnya dilakukan pengambilan data menggunakan soal HOTS yang telah diuji ahli. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas ahli materi, validitas butir soal, daya pembeda, tingkat kesukaran, reliabilitas tes, serta uji t-test. Hasil dari penelitian ini yaitu seperangkat instrumen soal HOTS Fisika SMP materi gerak pada benda yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: high-level thinking skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 21 Feb 2021 04:05
Last Modified: 21 Feb 2021 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43303

Actions (login required)

View Item View Item