Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Soft Skill Konservasi Dan Keterampilan Proses Sains


Siti Istijabatun, - and Supartono, - and Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika (2016) Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Soft Skill Konservasi Dan Keterampilan Proses Sains. Journal of Innovative Science Education, 5 (2). pp. 111-120. ISSN 2252-6412

[thumbnail of Turnitin Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Soft Skill Konservasi Dan Keterampilan Proses Sains.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Review Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Soft Skill Konservasi Dan Keterampilan Proses Sains.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang saat ini berlangsung masih cenderung mengutamakan aspek kognitif. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru belum memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar secara optimal sehingga soft skill konservasi belum muncul serta keterampilan proses sains masih rendah. Budaya masyarakat sebagai pengrajin kerupuk rambak belum menarik perhatian siswa untuk memikirkan dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan. Oleh karena itu diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran kontekstual yang disesuaikan dengan lingkungan di sekitar sekolah yaitu terkait pengolahan limbah kerupuk rambak. Sumber data berasal dari data seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegandon Kendal, dan data dari ahli yang kompeten. Instrumen berupa lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi untuk soft skill konservasi, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar angket respon siswa terhadap pembelajaran, dan lembar soal tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skill konservasi mengalami peningkatan dan keterampilan proses sains memperoleh kriteria tinggi. Rata-rata hasil belajar uji coba luas1 sebesar 73,4 dan pada uji coba luas2 sebesar 71,2. Siswa juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan soft skill konservasi, keterampilan proses sains, dan hasil belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Contextual, Soft Skills of Conservation, Science Process Skills.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 21 Feb 2021 03:40
Last Modified: 21 Feb 2021 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43299

Actions (login required)

View Item View Item