“Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 8 Semarang Tahun Pelajaran 2004-2005

Erlin Kartini, 2005 (2005) “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 8 Semarang Tahun Pelajaran 2004-2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 8 Semarang Tahun Pelajaran 2004-2005) - Published Version
Download (20Kb)

    Abstract

    Erlin Kartini. 2005. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 8 Semarang Tahun Pelajaran 2004-2005”. Jurusan Ekonomi Fakultas Timu Sosial Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Faktor Intern, Ekstern, Prestasi Belajar. Prestasi belajar merupakan salah satu ukuran sumber daya manusia yang berkualitas dan merupakan ukuran keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik intern maupun ekstern. Sebagian faktor intern yang sangat dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah bakat, minat dan motivasi. Sedangkan faktor ekstern yang mempengaruhi prestasi belajar adalah lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Dengan banyaknya siswa yang terbagi dalam beberapa kelas, tentunya terdapat pula perbedaan karakteristik siswa dalam berbagai hal terutama prestasi belajar. Untuk itu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar menarik untuk diteliti. Adapun penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 8 Semarang Tahun Pelajaran 2004 - 2005” Permasalahan yang dikaji adalah Bagaimanakab gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada siswa kelas II SMU Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2004-2005? Adakah faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada siswa kelas II SMU Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2004 - 2005 ? Seberapa besar pengaruh tersebut terhadap prestasi belajar pada siswa kelas II SMU Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2004-2005? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor intern dan faktor ekstern yang mempengaruhi prestasi belajar pada siswa kelas II SMU Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2004 - 2005, Untuk mengetahui adakah pengaruh faktor intern dan faktor ekstern terhadap prestasi belajar pada siswa kelas II SMU Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2004 - 2005, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor intern dan faktor ekstern terhadap prestasi belajar pada siswa kelas H SMIJ Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2004- 2005. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SMU Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2004 - 2005. Sistem pengambilan sampel dengan cara sample random sampling. Adapun cara pengambilan sampel dengan undian sehingga didapat 105 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian mi yaitu faktor intern, faktor ekstern dan prestasi belajar siswa. Data diambil melalui teknik dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intern termasuk kategori tinggi (63,0%) dan faktor ekstern termasuk kategori tinggi (83,0%). Berdasarkan hash analisis regresi ganda diperoleh persamaan regresi Y = 0,033 X1+ 0,0287 X2 + 3,5499. Uji keberartian persamaan regresi dengan menggunakan uji F, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 82,085 dan probabilitas 0,000. Karena probabilitas kurang dan 5% menunjukkan bahwa secara simultan faktor intern dan ekstren berpengaruh terhadap partisipasi anggotanya sebesar 60,9%. Hash uji secara parsial diperoleh untuk koefisien korelasi faktor in sebesar 0,441 dan faktor ekstern sebesar 0,363 dengan probabilitas 0,000. Dengan demikian secara parsial faktor intern dan faktor ekstern berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 19,45% untuk faktor intern dan 13,18% untuk faktor ekstern. Berdasarkan hasil penelitian diketahui faktor intern dan faktor ekstern berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara parsial dan simultan. OIeh karena itu peneliti menyarankan bagi siswa, dalam belajar diharapkan motivasi dan diri sendiri yang dorninan dibandingkan yang lain. Untuk meningkatkan bakat siswa, hendaknya siswa banyak berlatih, membaca dan mempelajari kembali pelajaran yang telah diajarkan. Untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar, guru dapat rnenerapkan berbagai metode pembelajaran, menjaga hubungan yang baik dengan siswa dengan didukung fasilitas laboratoriurn yang lengkap dan pihak sekolah. Bagi keluarga hendaknya memperhatikan aktivitas belajar mereka, serta menciptakan suasana rumah yang kondusif untuk belajar. Bagi masyarakat hendaknya memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan benlatih serta menerapkan pelajaran dalarn setiap kegiatan kemasyarakatan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Faktor Intern, Ekstern, Prestasi Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 21 Sep 2011 22:19
    Last Modified: 21 Sep 2011 22:19

    Actions (login required)

    View Item