Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata kuliah Akuntansi Pada Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2001/2002


Woro Widayati, 2005 (2005) Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata kuliah Akuntansi Pada Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2001/2002. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata kuliah Akuntansi Pada Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2001/2002]
Preview
PDF (Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata kuliah Akuntansi Pada Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2001/2002) - Published Version
Download (19kB) | Preview

Abstract

Woro Widayanti, 2005. Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata kuliah Akuntansi Pada Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2001/2002. Sarjana Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Drs. Kusmuriyanto, M.Si. Drs. A.M Budiman B.Sc. 66 h. Kata Kunci : Minat Menjadi Guru, Prestasi Belajar Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi jurusan ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2001/2002 pada mata kuliah akuntansi. Salah satunya adalah minat dari mahasiswa untuk menjadi guru. Minat yang tinggi akan menciptakan kegigihan, keuletan, kemampuan dan kesabaran dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: : (1) Bagaimana gambaran tentang minat menjadi guru pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi jrusan ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001/2001. (2)Bagaimana gambaran tentang prestasi belajar mata kuliah akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi jurusan ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001/2002. (3) Adakah pengaruh minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mata kuliah Akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi jurusan ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001/2002. (4) Seberapa besar pengaruh minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mata kuliah Akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi jurusan ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001/2002. . Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui gambaran tentang minat menjadi guru pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi jrusan ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001/2001. (2) Untuk mengetahui gambaran tentang prestasi belajar mata kuliah akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi jurusan ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001/2001. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mata kuliah Akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi jurusan ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001/2001. (4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mata kuliah Akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi jurusan ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2001/2001. Sedangkan manfaatnya adalah : (1) Memberikan informasi tentang gambaran minat menjadi guru bagi mahasiswa prodi pendidikan akuntansi dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar. (2) Sebagai bahan pertimbangan bagi instansi agar dalam penjurusan dalam memilih program studi harus disesuaikan dengan minat mahasiswa. (3) Sebagai bahan pendorong bagi mahasiswa agar lebih meningkatkan minatnya untuk menjadi guru. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi UNNES Angkatan 2001/2002 yang berjumlah 77 mahasiswa. Dalam penelitian ini tidak dilakukan pengambilan sample, karena penelitiannya merupakan penelitian populasi. Variable yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaiti : (1) minat menjadi guru (X) dan (2) prestasi belajar mata kuliah akuntansi (Y). Metode pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan teknik analisis statistik, untuk mengetahui diterima atau ditolaknya hipotesa. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 9,530, sementara Ftabel pada taraf signifikansi 5 % sebesar 3,97 berarti ada pengaruh signifikan dan positif antara minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mata kuliah akuntansi pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi UNNES Angkatan 2001/2002. Dan koefisien determinasi R2 = 0,113 yang menunjukkan bahwa pengaruh variabel minat menjadi guru terhadap perubahan variabel prestasi belajar mata kuliah akuntansi adalah sebesar 11,3 %, sedangkan sisanya 88,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa minat untuk menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi UNNES angkatan tahun 2001/2002 sudah tinggi. Adanya pengaruh yang signifikan antara minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mata kuliah akuntansi pada Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi UNNES Angkatan 2001/2002. Saran yang disampaikan penulis yaitu : (1). Bagi mahasiswa yang berada pada prodi pendidikan harus selalu memupuk dan meningkatkan minatnya untuk menjadi guru, (2). Mahasiswa harus sungguh-sungguh dalam mengikuti kuliah, serta berusaha mencari tambahan pengetahuan diluar jam kuliah, sehingga prestasi belajar yang diperoleh akan maksimal, (3). Bagi dosen akuntansi hendaknya memberikan motivasi pada mahasiswa calon guru akuntansi, yaitu dengan memberikan gambaran bahwa profesi guru itu menyenangkan dan sebagainya, sehingga dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk menjadi guru, (4). Bagi peneliti selanjutnya dianjurkan mengadakan penelitian serupa guna mencari sumbangan efektif yang lebih dominan dari unsur-unsur lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mata kuliah akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Menjadi Guru, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Sep 2011 02:16
Last Modified: 22 Sep 2011 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item View Item