Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses melalui Pemanfaatan LKS untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Pokok Bahasan Karakteristik dan Jenis Transaksi Perusahaan Dagang Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Semarang.

Fajar Triyana, 2005 (2005) Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses melalui Pemanfaatan LKS untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Pokok Bahasan Karakteristik dan Jenis Transaksi Perusahaan Dagang Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses melalui Pemanfaatan LKS untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Pokok Bahasan Karakteristik dan Jenis Transaksi Perusahaan Dagang Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Semarang.) - Published Version
Download (32Kb)

    Abstract

    Fajar Triyana, 2005. Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses melalui Pemanfaatan LKS untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Pokok Bahasan Karakteristik dan Jenis Transaksi Perusahaan Dagang Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Pend. Akuntansi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Pendekatan Ketrampilan Proses, LKS, Kompetensi Siswa Mengatasi kejenuhan siswa belajar akuntansi membutuhkan adanya kreatifitas guru dalam menciptakan metode pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran. Lemahnya minat siswa belajar akuntansi karena siswa menganggap akuntansi merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Untuk itu, perlu ada inovasi proses pembelajaran disesuaikan dengan media pembelajaran yang ada.Proses pembelajaran perlu diterapkan dengan berbagai macam metode sehingga mampu membekali siswa ketrampilan belajar untuk dapat mencapai kompetensi yang diharapkan, salah satunya adalah dengan penerapan pendekatan ketrampilan proses melalui media LKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana karakteristik pendekatan ketrampilan proses pada pembelajaran akuntansi melalui media LKS, untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh antara penerapan pendekatan ketrampilan proses dengan metode ceramah terhadap kompetensi siswa, serta untuk mengetahui apakah hasil penerapan pendekatan ketrampilan proses mampu mencapai ketuntasan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Semarang berjumlah 103 siswa yang berasal dari siswa kelas XI IPS 1 sampai XI IPS 3. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa yaitu terdiri atas 36 siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah implementasi pendekatan ketrampilan proses melalui pemanfaatan LKS (X) dan kompetensi siswa dalam mata pelajaran akuntansi pokok bahasan karakteristik dan jenis transaksi perusahaan dagang(Y). Data diambil melalui teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Metode analisis data awal dilakukan melalui rumus Matched Group design. Sedangkan analisis data akhir menggunakan analisis deskriptif dan penggunaan teknik statistik t test untuk menguji ketuntasan hasil belajar dan perbedaan rata – rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data awal, diperoleh Me= 3,929 dan Mk= 3,899. Uji varian matching diketahui pada α= 5% dengan dk pembilang = nb – 1= 33 dan dk penyebut = nk – 1 = 35, diperoleh F hitung = 1,358 < F1/2 )1:1(−−nknbα= 1,975. Karena F hitung < F1/2 )1:1(−−nknbα maka dapat disimpulkan bahwa sebelum dilakukan perlakuan eksperimen kedua kelompok berada dalam kondisi yang sepadan. Hal ini diperkuat dengan hasil perhitungan t-matching yang menunjukan hasil thitung = -0,131 < t(1- 1/2)2)(−+nkneα = 1,995. Setelah dilakukan treatment pada kelas eksperimen yang menggunakan tiga metode pembelajaran yaitu metode penemuan konsep, metode diskusi dan metode latihan soal, hasil post test menunjukkan perbedaan antara rata – rata nilai kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan uji perbedaan rata – rata hasil belajar, diketahui pada α=5% dengan dk=36+34 – 2 diperoleh thitung= 4,992 > t(0,95)(68)= 1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Dari hasil uji ketuntasan belajar kelompok eksperimen diketahui bahwa dari rata-rata nilai sebesar 7,61diperoleh thitung = 10,35 > t tabel = 1,69 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan untuk kelas kontrol dengan rata-rata nilai 6,84 diperoleh thitung = 3,060 > t tabel = 1,69 sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas kontrol juga telah mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil tersebut kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi pendekatan ketrampilan proses melalui media LKS pada mata pelajaran akuntansi yang dilakukan dengan tiga macam metode pembelajaran dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan penerapan pendekatan konvensional. Mengacu dari hasil penelitian tersebut, peneliti mengajukan saran – saran sebagai berikut: 1).Penerapan pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran akuntansi perlu ditindak lanjuti dan dikembangkan sebagai salah satu alternatif variasi pembelajaran akuntansi, 2).Guru hendaknya mampu menciptakan kreatifitas dalam pembelajaran akuntansi, sehingga pelajaran akuntansi menjadi lebih menyenangkan serta mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, 3). Bagi pihak sekolah dan lembaga terkait lainnya serta peneliti berikutnya diharapkan bisa mengadakan penelitian lanjutan sebagai upaya pengembangan metode pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Ketrampilan Proses, LKS, Kompetensi Siswa
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 21 Sep 2011 21:57
    Last Modified: 21 Sep 2011 21:58

    Actions (login required)

    View Item