KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENYIKAPI SARANA PRASARANA DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2018/2019


Faqih Wildan Fajri, 6102414079 (2020) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENYIKAPI SARANA PRASARANA DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENYIKAPI SARANA PRASARANA DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2018/2019]
Preview
PDF (KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENYIKAPI SARANA PRASARANA DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL TAHUN 2018/2019) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktifitas jasmani. Kreativitas guru penjas sangat dibutuhkan agar siswa tetap dapat belajar dengan efektif dan tujuan dari pembelajaran tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pembatasan masalah di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana gambaran kreativitas guru pendidikan jasmani dalam menyikapi kondisi sarana prasarana yang ada di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal tahun ajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kreativitas guru pendidikan jasmani dalam menyikapi kondisi sarana dan prasarana serta kondisi sarana prasarana Pendidikan Jasmani yang ada di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani se-Kecamatan Limbangan. Objek dalam penelitian ini adalah tiga guru pendidikan jasmani Kecamatan Limbangan. Sumber data primer didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan 3 orang guru pendidikan jasmani di sekolah yang berbeda-beda. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara. Teknis analisis data menggunakan data reduction, data display dan conclution. Hasil penelitian menunjukan dari aspek kemampuan guru melihat masalah sebelum, saat dan setelah pembelajaran sudah mempertimbangkan dengan kondisi dan keadaan yang ada. Berdasarkan kemampuan guru penjas mengembangkan kreativitas yang berhubungan dengan sarana dan prasarana penjas belum menerapkan ide yang kreatif untuk menunjang pembalajaran. Serta kemampuan guru penjas menerapkan hal-hal baru ke dalam pembelajaran masih dalam batas memanfaatkan penunjang pembelajaran yang sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini tiga guru penjas di kecamatan Limbangan belum mengarah ke kemampuan yang kreatif dalam menyikapi kondisi sarana dan prasarana yang ada. Ada tiga aspek dalam guru pendidikan jasmani dikatakan guru yang kreatif, yaitu kemampuan melihat masalah, mengembangkan kreativitas dan menerapkan hal-hal baru. Saran yang dapat disampaikan adalah pemerintah harus membuat pelatihan-pelatihan terkait dengan kreativitas guru baik dalam menyikapi kondisi sarana dan prasarana maupun dalam pengembangan pembelajaran, supaya pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Guru, Pendidikan Jasmani
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 Jan 2021 01:04
Last Modified: 21 Jan 2021 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43094

Actions (login required)

View Item View Item