PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT, SISTEM PENGENDALIAN INTERN, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DENGAN PROFESIONALITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Desa Se-Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus)


Siti Ulya Ani, 7101416310 (2020) PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT, SISTEM PENGENDALIAN INTERN, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DENGAN PROFESIONALITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Desa Se-Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416310.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Akuntabilitas pengelolaan dana desa yang diberikan pemerintah desa di Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus belum maksimal. Akuntabilitas pengelolaan dana desa yang belum maksimal memunculkan masalah seperti terjadinya kesalahan-kesalahan administratif yang terjadi di banyak desa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akuntabilitas pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh aparatur pengelola dana desa di Kecamatan Kota berkaitan dengan peran profesionalitas dalam memoderasi partisipasi masyarakat, sistem pengendalian intern dan pemanfaatan teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh aparatur pemerintah desa pengelola di Kecamatan Kota. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 64 orang. Sampel dari penelitian ini terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, dan kepala seksi dari 16 desa di Kecamatan Kota. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi moderasi dengan uji nilai selisih mutlak. Hasil deskriptif penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara partisipasi masyarakat dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Sistem pengendalian intern berpengaruh negatif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Profesionalitas tidak berhasil memoderasi pengaruh partisipasi masyarakat, sistem pengendalian intern, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Berdasarkan analisis, kesimpulan dari penelitian ini adalah partisipasi masyarakat dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Sistem pengendalian intern berpengaruh negatif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Profesionalitas tidak berhasil memoderasi pengaruh partisipasi masyarakat, sistem pengendalian intern, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Saran untuk penelitian ini hendaknya aparatur pemerintah desa meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan dan membaca literatur, mengadakan pelatihan siskeudes, membuat jadwal pemeliharaan peralatan, sering mengadakan acara pertemuan warga agar tetap menjaga komunikasi dengan masyarakat yang baik, serta pemerintah desa memberikan persyaratan khusus dalam perekrutan aparatur pengelola dana desa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Sistem Pengendalian Intern, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Profesionalitas, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:23
Last Modified: 18 Jan 2021 08:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43089

Actions (login required)

View Item View Item