PENGARUH LITERASI PAJAK, PEMERIKSAAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PAJAK MELALUI KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada UMKM di Kota Semarang)


Triska Rahmawati, 7101416309 (2020) PENGARUH LITERASI PAJAK, PEMERIKSAAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PAJAK MELALUI KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada UMKM di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416309.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kota Semarang memiliki wajib pajak terdaftar yang meningkat setiap tahunnya. Meskipun demikian, wajib pajak terdaftar wajib SPT cenderung mempunyai pertumbuhan yang fluktuatif dari tahun 2014 sampai tahun 2018. Sehingga jumlah wajib pajak terdaftar wajib SPT belum sesuai dengan jumlah UMKM yang ada pada Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi pajak, pemeriksaan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kesadaran wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling insidental dengan sampel sebanyak 60 responden dari UMKM di Kota Semarang. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner yang berisi jawaban-jawaban responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa kepatuhan wajib pajak, literasi pajak, pemeriksaan pajak, sanksi pajak dan kesadaran wajib pajak berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi pajak dan pemeriksaan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Terdapat pengaruh positif signifikan sanksi pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Literasi pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran wajib pajak. Pemeriksaan pajak dan sanksi pajak berpengaruh terhadap kesadaran wajib pajak. Hasil pengaruh mediasi menunjukkan literasi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kesadaran wajib pajak, namun pemeriksaan pajak dan sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kesadaran wajib pajak. Kesimpulan penelitian ini bahwa kesadaran wajib pajak berhasil memediasi penuh pemeriksaan pajak, memediasi parsial pada sanksi pajak dan tidak memediasi pengaruh literasi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Saran dari penelitian ini adalah pelaksanaan pemeriksaan pajak disesuaikan dengan situasi dan kondisi wajib pajak, penegasan dalam pemberian sanksi tanpa toleransi bagi para pelanggar pajak dan wajib pajak diharapkan jujur dalam melakukan pelaporan jumlah pendapatan, peningkatan kesadaran pajak masih sangat diperlukan karena anggapan masyarakat masih ada dana lain untuk pembangunan. Pemerintah diharapkan dapat mengedukasi pentingnya membayar pajak khususnya pajak UMKM bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak, Literasi Pajak, Pemeriksaan Pajak, Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:19
Last Modified: 18 Jan 2021 08:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43088

Actions (login required)

View Item View Item