PERSEPSI TENTANG REGULASI PEMERINTAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI PENGARUH PENDAPATAN, PENGETAHUAN ZAKAT, DAN KEPERCAYAAN MUZAKKI TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT PROFESI MELALUI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS)


Minhatul Maula, 7101416306 (2020) PERSEPSI TENTANG REGULASI PEMERINTAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI PENGARUH PENDAPATAN, PENGETAHUAN ZAKAT, DAN KEPERCAYAAN MUZAKKI TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT PROFESI MELALUI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416306.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Minat membayar zakat profesi di BAZNAS adalah kecenderungan dari perasaan seseorang yang berkewajiban mengeluarkan zakat atau muzakki untuk mennyalurkan zakat profesi atas pendapatan yang dimiliki melalui BAZNAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung pendapatan, pengetahuan zakat, dan kepercayaan muzakki terhadap minat membayar zakat profesi di BAZNAS melalui persepsi tentang regulasi pemerintah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan metode survei dengan angket sebagai instrument pengumpulan data. Populasi penelitian ini seluruh guru PNS SMKN di Kota Semarang dengan latar belakang SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) tahun 2020. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 guru. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi moderasi (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan dan kepercayaan muzakki berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar zakat profesi di BAZNAS. Pengetahuan zakat tidak berpengaruh terhadap minat membayar zakat profesi di BAZNAS. Persepsi tentang regulasi pemerintah dalam memoderasi hubungan pengetahuan zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar zakat profesi di BAZNAS. Persepsi tentang regulasi pemerintah dalam memoderasi hubungan pendapatan dan kepercayaan muzakki berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat membayar zakat profesi di BAZNAS. Berdasarkan hasil penelitian, variabel pendapatan dan kepercayaan muzakki meningkatkan minat membayar zakat profesi di BAZNAS. Variabel persepsi tentang regulasi pemerintah dapat memperkuat pengaruh pengetahuan zakat dan memperlemah pengaruh pendapatan dan kepercayaan muzakki terhadap minat membayar zakat profesi di BAZNAS. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu perlunya meningkatkan pengetahuan zakat, pemberian informasi dan edukasi mengenai zakat profesi dan BAZNAS, pemberikan laporan penggunaan dana zakat, pengembangan penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada lembaga yang bergerak disektor swasta serta dapat memperluas sampel penelitian agar hasil penelitian menjadi lebih representatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Membayar Zakat Profesi di BAZNAS, Pendapatan, Pengetahuan Zakat, Kepercayaan Muzakki, Persepsi tentang Regulasi Pemerintah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 08:14
Last Modified: 18 Jan 2021 08:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43087

Actions (login required)

View Item View Item