PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020)


Azka Azkiya, 7101416299 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416299.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan tinggi merupakan kelanjutan dari pendidikan menengah yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan secara akademik maupun profesional. Keinginan untuk menempuh pendidikan tanpa dukungan yang baik akan menurunkan rasa ketertarikan dan keinginan untuk belajar lebih giat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan teman sebaya, tingkat pendidikan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan efikasi diri sebagai variabel Intervening. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 126 siswa kelas XI tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random sampling dengan rumus Slovin dan menghasilkan 96 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Metode pengambilan data menggunakan metode angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sedangkan lingkungan teman sebaya dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, sedangkan tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap efikasi diri. Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui efikasi diri, sedangkan tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui efikasi diri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sementara itu efikasi diri mampu memediasi lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan tidak mampu memediasi tingkat pendidikan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Saran dari penelitian adalah siswa dapat lebih selektif dalam memilih teman supaya menjadi pribadi yang lebih baik, dapat memberi semangat dan motivasi meningkatkan prestasi belajar untuk masuk ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Teman Sebaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Efikasi Diri, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:27
Last Modified: 18 Jan 2021 07:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43086

Actions (login required)

View Item View Item