PENGARUH PENGETAHUAN DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2017)


Rizal Prasasti, 7101416290 (2020) PENGARUH PENGETAHUAN DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416290.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan perguruan tinggi yang memiliki banyak mahasiswa. Mahasiswa merupakan sasaran yang tepat bagi perbankan syariah untuk memperbesar pertumbuhan tabungan atau dana pihak ketiga. Tujuan dari penelitian adalah untuk menjelaskan pengaruh pengetahuan dan pelayanan terhadap minat menabung di Bank Syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Tahun Angkatan 2017, dengan sampel penelitian berjumlah 249 responden yang ditentukan dengan metode Isaac and Michael. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportionate random sampling. Data penelitian yang diolah adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan Moderating Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) berdasarkan analisis statistik deskriptif, variabel pelayanan berada dalam kategori baik, variabel religiusitas berada dalam kategori sangat tinggi, sedangkan variabel pengetahuan dan minat menabung di Bank Syariah berada dalam kategori tinggi, (2) pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah, (3) pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah, (4) religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh pengetahuan terhadap minat menabung di Bank Syariah, dan (5) religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh pelayanan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Simpulan penelitian ini adalah pengetahuan dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah, religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh pengetahuan dan pelayanan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Saran dari penelitian adalah pengetahuan dan religiusitas yang dimiliki mahasiswa perlu untuk diimplementasikan dalam perilaku termasuk dalam hal perilaku menabung. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel promosi oleh bank syariah sebagai salah satu faktor penentu minat menabung di Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Pelayanan, Minat Menabung di Bank Syariah, Religiusitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:23
Last Modified: 18 Jan 2021 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43085

Actions (login required)

View Item View Item