PENGARUH KONSEP DIRI DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Indy Mafaza, 7101416270 (2020) PENGARUH KONSEP DIRI DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416270.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku seseorang dalam melakukan konsumsi yang sifatnya menghamburkan atau berlebihan. Perilaku konsumtif dapat terjadi kepada siapa saja, tidak terkecuali mahasiswa, apalagi mahasiswa adalah elemen masyarakat yang amat dekat sekali dengan pengaruh perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konsep diri dan penggunaan media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif dengan gaya hidup sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang 2017 dan 2019 yang berjumlah 1.843 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 128 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa perilaku konsumtif, konsep diri, penggunaan media sosial instagram, dan gaya hidup termasuk dalam kategori cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif. Penggunaan media sosial instagram berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif. Gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif. Konsep diri berpengaruh negatif terhadap gaya hidup. Penggunaan media sosial instagram berpengaruh positif terhadap gaya hidup. Gaya hidup mampu memediasi pengaruh konsep diri dan penggunaan media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif. Simpulan penelitian ini konsep diri, penggunaan media sosial instagram, dan gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Gaya hidup dapat memediasi konsep diri dan penggunaan media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif yang bersifat partial mediation. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan memiliki konsep diri yang baik, lebih memahami dirinya dan lebih percaya diri akan penampilan dirinya, mengurangi intensitas penggunaan media sosial instagram, mahasiswa mampu mengelola keuangan dengan lebih baik seperti mengontrol pengeluaran uang agar dapat mengurangi pemborosan. Mahasiswa diharapkan dapat mengalihkan waktu senggang untuk hal yang positif seperti mengikuti UKM UNSSAF (Unit Kegiatan Mahasiswa Unnes Stock Exchange Study Forum) dan juga mempertimbangkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan dengan cara membuat daftar skala prioritas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Penggunaan Media Sosial Instagram, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:10
Last Modified: 18 Jan 2021 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43084

Actions (login required)

View Item View Item