PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL MODERATING


VIONETA AMELIA KRIS SETIANINGRUM, 7101416238 (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416238.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengungkapan Corporate Social Responsibility adalah untuk mencerminkan tingkat akuntabilitas, responsibilitas, dan transparansi korporat kepada investor dan stakeholder lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan pengaruh dari ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility dengan leverage sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur : industry dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Sampel diambil dengan metode purpose sampling dengan jumlah 30 unit analisis dari 80 perusahaan. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Alat analisis ini menggunakan analisis deskriptif, dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan Corporate Social Responsibility, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap luas pengungkapan Corporate Social Responsibility. Variabel Leverage mampu memoderasi para pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap luas pengungkapan Corporate Social Responsibility. Simpulan dari penelitian ini adalah profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap luas pengungkapan Corporate Social Responsibility dan leverage mampu untuk memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap luas pengungkapan Corporate Social Responsibility, namun ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan Corporate Social Responsibility. Saran sesuai dengan hasil penelitian ini kepada perusahaan agar lebih memperhatikan profitabilitas dan leverage perusahaan karena variabel tersebut yang berpengaruh terhadap luas pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CSR, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 05:33
Last Modified: 18 Jan 2021 05:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43083

Actions (login required)

View Item View Item