PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY, DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MELALUI MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA EKONOMI PEMBANGUNAN UNNES ANGKATAN 2017


Yusuf Heriyanto, 7101416205 (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY, DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MELALUI MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA EKONOMI PEMBANGUNAN UNNES ANGKATAN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416205.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Minat berwirausaha adalah aktivitas seseorang karena tertarik terhadap dunia kewirausahaan serta mempunyai keinginan untuk memulai usahanya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy, dan penggunaan media sosial melalui motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan metode survei dengan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi penelitian merupakan seluruh Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UNNES Angkatan 2017 yang berjumlah 140 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 104 mahasiswa yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, path analysis, dan sobel test. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (20,1%), ada pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap minat berwirausaha (46%), ada pengaruh tidak signifikan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha (4,4%) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha (28,5%), ada pengaruh tidak signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha (9,7%), ada pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap motivasi berwirausaha (26,1%), ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial terhadap motivasi berwirausaha (50,7%), ada pengaruh tidak signifikan pendidikan kewirausahaan melalui motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha (2,7%), ada pengaruh positif dan signifikan self efficacy melalui motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha (7,4%), ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial melalui motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha (14,4%). Simpulan penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, sedangkan secara tidak langsung pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Self efficacy secara langsung dan tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Penggunaan media sosial secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, sedangkan secara tidak langsung penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu perlunya meningkatkan kualitas pendidikan kewirausahaan, kemampuan self efficacy, wawasan mahasiswa tentang kewirausahaan, dan dukungan dari orang-orang terdekat agar mahasiswa dapat meningkatkan minat berwirausaha mereka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Penggunaan Media Sosial, Motivasi Berwirausaha, Minat Berwirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 05:00
Last Modified: 18 Jan 2021 05:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43081

Actions (login required)

View Item View Item