Pengaruh Financial Attitude, Financial Literacy, Peers, Financial Self Efficacy Terhadap Financial Management Behavior dengan Parental Norms Sebagai Variabel Moderasi Pada Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2017


Riska Indah Safitri, 7101416179 (2020) Pengaruh Financial Attitude, Financial Literacy, Peers, Financial Self Efficacy Terhadap Financial Management Behavior dengan Parental Norms Sebagai Variabel Moderasi Pada Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416179.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Perilaku pengelolaan keuangan pada anak muda saat ini mendapatkan perhatian serius dari berbagai organisasi karena mereka tumbuh di tengah-tengah budaya hutang dengan kemudahan dalam penggunaan fasilitas keuangan. Permasalahan yang menunjukkan masih banyaknya mahasiswa yang mengalami defisit keuangan di Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial attitude, financial literacy, peers, dan financial self efficacy terhadap financial management behavior dengan parental norms sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan metode survei. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 yang berjumlah 6361 mahasiswa. Adapun jumlah sampel 376 mahasiswa yang ditentukan berdasarkan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan combined sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi moderasi. Analisis deskriptif menunjukkan financial attitude dan financial self efficacy dalam kategori baik. Sedangkan financial literacy, peers, parental norms, dan financial management behavior dalam kategori cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan financial attitude, financial literacy, peers, dan financial self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior serta uji moderasi parental norms mampu memperkuat pengaruh financial attitude terhadap financial management behavior namun parental norms tidak mampu memperkuat pengaruh financial literacy, peers, dan financial self efficacy terhadap finanancial management behavior. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa parental norms mampu memperkuat pengaruh financial attitude terhadap financial management behavior namun tidak mampu memperkuat pengaruh financial literacy, peers, dan financial self efficacy terhadap financial management behavior. Saran dalam penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat selalu meningkatkan financial management behavior mereka dengan mulai membiasakan diri melakukan pencatatan keuangan secara rutin agar pengelolaan keuangan dapat lebih baik, meningkatkan literasi keuangan dengan mempelajari terkait literasi keuangan melalui media online atau offline, serta menerapkan norma-norma orang tua secara lebih bijak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Attitude, Financial Literacy, Peers, Financial Self Efficacy, Parental Norms, Financial Management Behavior.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:49
Last Modified: 18 Jan 2021 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43079

Actions (login required)

View Item View Item