EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X IPS SMA N 1 KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA


Purwi Riswanti, 7101416171 (2020) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X IPS SMA N 1 KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416171.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berfikir kritis merupakan cara berfikir yang penting untuk manusia, karena dengan berfikir kritis manusia dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam dirinya. SMA Negeri 1 Karangreja merupakan sekolah yang memiliki nilai rata-rata UNBK mata pelajaran ekonomi lebih rendah dibandingkan SMA Negeri lain di Kabupaten Purbalingga, sehingga kemampuan berfikir kritis siswa perlu dilatih untuk meningkatkan nilai dan kualitas sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan quasi experimental design dengan nonequivalent group pretest posttest design. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive, diperoleh 2 kelas yaitu kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori dan X IPS 4 sebagai kelas eksperimen menggunakan Problem Based Learning (PBL). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kemampuan berfikir kritis dan PBL. Metode analisis data dilakukan dengan menerapkan uji paired sampel t-test untuk menguji hipotesis dan uji N-gain untuk menilai keefektifan model pembelajaran. Hasil analisis data menggunakan uji paired sampel t-test kelas eksperimen dengan PBL diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 , maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan pada kelas ekperimen yang menggunakan problem based learning atau Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis keefektifan menggunakan uji N-Gain diperoleh skor 0,4052, artinya tingkat keefektifan model pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan bahwa PBL efektif terhadap kemampuan berfikir kritis ekonomi siswa IPS SMA Negeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga. Saran dalam penelitian ini yaitu guru ekonomi dapat mempertimbangkan PBL dalam melaksanakan pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berfikir Kritis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:19
Last Modified: 18 Jan 2021 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43078

Actions (login required)

View Item View Item