PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KOMPETENSI, DAN KOMPENSASI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KINERJA PERSONIL HUMAS DI LINGKUNGAN UNNES


Mukhlisin, 7101416146 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KOMPETENSI, DAN KOMPENSASI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI TERHADAP KINERJA PERSONIL HUMAS DI LINGKUNGAN UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416146.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kinerja pegawai berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa pemberitaan yang dilakukan di Website UNNES pada tahun 2015-2019 mengalami fluktuasi. Selanjutnya dalam penelitian yang dilakukan oleh Muzammil (2019) sebanyak 73% publik eksternal atau masyarakat umum mengetahui UNNES dari orang sekitar dan sisanya sebanyak 27% publik eksternal mengetahui melalui media online maupun offline. Hal ini menunjukkan bahwa publikasi yang dilakukan HUMAS melalui media selama ini belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel independen yaitu lingkungan kerja, kompetensi, dan kompensasi terhadap variabel dependen yaitu kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh personil HUMAS di lingkungan Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan populasi tersebut diambil 42 sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Peneliti menggunakan metode analisis data Struktural Equation Model (SEM) dengan menggunakan bantuan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan model penelitian yang digunakan telah memenuhi validitas dan reliabilitas konstruk serta fit of model pada asumsi SEM dengan bantuan aplikasi Smart PLS sehingga model dinyatakan layak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan sebesar 30% terhadap kinerja pegawai, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 55.2% terhadap kinerja pegawai, kompensasi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 54.3% terhadap kinerja pegawai, motivasi berpengaruh negatif dan signifikan sebesar -42.2% terhadap kinerja pegawai, lingkungan kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan sebesar -8% terhadap motivasi, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 47.6% terhadap motivasi, kompensasi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 53.6% terhadap motivasi, lingkungan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel mediasi sebesar 3%, kompetensi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja melalui motivasi sebagai variabel mediasi sebesar -20%, dan kompensasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel mediasi sebesar -22%. Simpulan dari penelitian ini terdapat lima hipotesa yang diterima dan lima hipotesa ditolak. Saran dari penelitian ini Institusi hendaknya selalu meningkatkan kinerja dengan memperhatikan lingkungan kerja, kompetensi, kompensasi, dan motivasi untuk meningkatkan kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kerja, Kompetensi, Kompensasi, Motivasi, Kinerja, Personil HUMAS
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:03
Last Modified: 18 Jan 2021 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43076

Actions (login required)

View Item View Item