PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI ULANG (REPURCHASE INTENTION) DI KFC SETIABUDI-SRONDOL KOTA SEMARANG


SIMA NATASYA, 7101416133 (2020) PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI ULANG (REPURCHASE INTENTION) DI KFC SETIABUDI-SRONDOL KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416133.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang melalui brand image, pengaruh kepuasan konsumen dan brand image terhadap minat beli ulang di KFC Setiabudi-Srondol Kota Semarang. Minat beli ulang merupakan perilaku konsumen pasca pembelian yang menunjukkan rasa ingin untuk kembali bertransaksi atau membeli produk tertentu yang pernah dikonsumsi sebelumnya pada waktu yang akan datang. Minat beli ulang dilatarbelakangi oleh kepuasan yang dirasakan oleh konsumen pada pembelian sebelumnya dan brand image yang melekat pada produk. KFC Setiabudi-Srondol Kota Semarang merupakan salah satu restoran fast food yang terkenal di Kota Semarang dengan merek dagang KFC. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan transaksi di KFC Setiabudi-Srondol Kota Semarang dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 116 responden. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik insidental sampling. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian studi pengujian hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image mampu memediasi pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang. Berdasarkan hasil penelitian, kepuasan konsumen berpengaruh langsung terhadap minat beli ulang sebesar 10,4%, secara tidak langsung sebesar 40,3%, dan pegaruh total sebesar 50,7%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara parsial kepuasan konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang sebesar 8,35% dan brand image berpengaruh sebesar 17,89% terhadap minat beli ulang. Kepuasan konsumen juga secara parsial berpengaruh terhadap brand image sebesar 65,61%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang baik secara langsung ataupun tidak langsung. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah KFC lebih mengoptimalkan pelayanan dan kualitas produk untuk lebih ditingkatkan untuk mencapai dan meningkatkan kepuasan konsumen dan mengoptimalkan upaya dalam rangka membentuk brand image yang baik dalam benak konsumen yang nantinya secara tidak langsung berpengaruh terhadap minat beli ulang konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Kepuasan Konsumen, Minat Beli Ulang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:07
Last Modified: 18 Jan 2021 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43074

Actions (login required)

View Item View Item