PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN E-SAMSAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI


RIZKI KURNIAWAN, 7101416129 (2020) PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN E-SAMSAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416129.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepatuhan wajib pajak berkaitan dengan sikap wajib pajak dalam membuat penilaian terhadap pajak itu sendiri. Kabupaten Tegal menduduki posisi tertinggi di Jawa Tengah terkait tunggakan pajak kendaraan bermotor tahun 2018. Dari data 30 oktober 2018 lalu, tunggakan pajak di Kabupaten mencapai angka Rp.12,1 milyiar lebih. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Samsat Kabupaten Tegal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan E-Samsat Sebagai Variabel Moderasi. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak UPPD dan Samsat Kabupaten Tegal dengan jumlah populasi pada tahun 2019 sebanyak 96.777 Wajib Pajak. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 wajib pajak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Samplimg acak.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian adalah Analisis Deskriptif, dan analisis regresi moderasi. Hasil Analisis Deskriptif menunjukan bahwa pengetahuan, sanksi dalam kategori tinggi. Kemudian analisis deskriptif E-Samsat menunjukan dalam kategori mudah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan pajak, sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. E-Samsat mampu memoderasi variabel pengaruh pengetahuan perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Samsat Kabupaten Tegal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel pengetahuan dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Kemudian variabel E-Samsat mampu memoderasi pengetahuan dan sanksi terhadap kepatuhan wajib pajak. Saran dalam penelitian ini adalah agar E-Samsat dalam tugas pelayanan perpajakan, disarankan untuk mengadakan pelatihan komunikasi dan edukasi tentang pengetahuan perpajakan kepada wajib pajak, seperti melalui media sosial. Memperkuat sanksi untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Memperbaiki cara pembayaran pajak melalui aplikasi E-Samsat atau pajak online, seperti penggunaan E-Money dalam pembayaran pajak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Dan E-Samsat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:49
Last Modified: 18 Jan 2021 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43073

Actions (login required)

View Item View Item