PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA, SELF REGULATED LEARNING, EKSTRAKURIKULER TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI MELALUI MOTIVASI BERPRESTASI (Studi Kasus Peserta Didik Kelas X SMK N 2 Purworejo)


Wiwik Setianingsih, 7101416116 (2020) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA, SELF REGULATED LEARNING, EKSTRAKURIKULER TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI MELALUI MOTIVASI BERPRESTASI (Studi Kasus Peserta Didik Kelas X SMK N 2 Purworejo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416116.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah penundaan pengerjaan tugas akademik yang dilakukan secara berulang – ulang dan lebih mementingkan untuk mengerjakan hal lain di luar tugas akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran motivasi berprestasi dalam memediasi pengaruh dukungan sosial teman sebaya, self regulated learning, ekstrakurikuler terhadap prokrastinasi akademik mata pelajaran pengantar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang telah mendapatkan mata pelajaran pengantar akuntansi SMK N 2 Purworejo sejumlah 356 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini proportional random sampling dengan pemilihan sampel yang dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel berjumlah 188 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dukungan sosial teman sebaya tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, (2) self regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik, (3) ekstrakurikuler tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, (4) motivasi berprestasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik, (5) dukungan sosial teman sebaya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi, (6) self regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi, (7) ekstrakurikuler berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi, (8) motivasi berprestasi memediasi secara negatif dan signifikan dukungan sosial teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik, (9) motivasi berprestasi memediasi secara negatif dan signifikan self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik, (10) motivasi berprestasi memediasi secara negatif dan signifikan ekstrakurikuler terhadap prokrastinasi akademik. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa dukungan sosial teman sebaya, ekstrakurikuler tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Motivasi berprestasi mampu memediasi secara negatif dukungan sosial teman sebaya, self regulated learning, ekstrakurikuler terhadap prokrastinasi akademik. Saran bagi peserta didik berkenaan dengan penelitian ini yaitu mampu membagi waktu dengan kegiatan di luar tugas akademik, memberikan dukungan terhadap teman sebaya, mencatat materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Dukungan Sosial Teman Sebaya, Self Regulated Learning, Ekstrakurikuler, Motivasi Berprestasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:34
Last Modified: 18 Jan 2021 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43071

Actions (login required)

View Item View Item