“PERENCANAAN KELAS INDUSTRI DALAM RANGKA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KEJURUAN BERBASIS KOMPETENSI LINK AND MATCH DENGAN INDUSTRI” (Studi Kasus Pada Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Smk N 2 Semarang Dengan Hotel Horison)


Fitria Risma Priyanti, 7101416114 (2020) “PERENCANAAN KELAS INDUSTRI DALAM RANGKA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KEJURUAN BERBASIS KOMPETENSI LINK AND MATCH DENGAN INDUSTRI” (Studi Kasus Pada Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Smk N 2 Semarang Dengan Hotel Horison). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416114.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

SMK Negeri 2 Semarang adalah sekolah menengah kejuruan yang telah menerapkan kurikulum kelas industri. Khususnya pada program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran yang melakukan kerjasama dengan Hotel Horison dalam menyelenggarakan kelas industri yang bertujuan agar kurikulum yang dipakai di sekolah dapat diselaraskan dengan kurikulum industri dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia agar sesuai dengan kebutuhan industri. Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah perencanaan kelas industri yang meliputi tujuan penyelenggaraan, kebijakan, aturan, prosedur, serta program kelas industri Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kelas industri Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK N 2 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari 4 informan terdiri atas Ketua Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Human Resources Department Horison, dan 2 siswa kelas industri. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dalam proses perencanaan kelas industri Program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran ini meliputi aspek penentuan tujuan yang mana tujuannya adalah penyelarasan kurikulum sekolah dengan industri. Kemudian penentuan kebijakan dalam menyeleksi siswa, menyusun kurikulum, dan menentukan guru tamu. Dilanjutkan dengan prosedur pelaksanaan dari tahap awal penandatanganan MoU hingga pelaksanaan kelas industri. Termasuk menentukan aturan yang disepakati antara pihak SMK N 2 Semarang dan Hotel Horison dalam menyelenggarakan kelas industri serta menentukan program yang akan diterapkan di kelas industri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan kelas industri pada Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran telah berjalan sebagaimana mestinya. Saran yang diberikan adalah sebaiknya kelas industri diadakan untuk semua siswa di prodi tersebut, untuk siswa sebaiknya lebih aktif ketika pembelajaran, pihak Horison sebaiknya saat guru tamu tidak dapat hadir untuk mengisi kelas dapat digantikan dengan guru tamu lain namun tetap berkompeten dibidangnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Kelas Industri , Link and Match
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Jan 2021 05:13
Last Modified: 15 Jan 2021 05:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43067

Actions (login required)

View Item View Item