PERAN EFIKASI DIRI DALAM MEMEDIASI PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA, PENGETAHUAN MATA DIKLAT PRODUKTIF, DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI DI KOTA SEMARANG


Fitri Makmur Wahyuni, 7101416078 (2020) PERAN EFIKASI DIRI DALAM MEMEDIASI PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA, PENGETAHUAN MATA DIKLAT PRODUKTIF, DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416078.pdf]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki tujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Namun demikian, SMK masih belum optimal dalam menyiapkan tenaga kerja. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) untuk lulusan SMK paling tinggi diantara tingkat pendidikan lain yaitu sebesar 10,16%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh dukungan keluarga, pengetahuan mata diklat produktif, dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain hipothesis testing study. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Semarang dan SMK Negeri 9 Semarang kelas XII jurusan akuntansi tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 211 siswa dan diambil sampel sebanyak 139 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan sampling incidental. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kesiapan kerja dan pengetahuan mata diklat produktif dalam kriteria tinggi, dukungan keluarga dalam kriteria mendukung, informasi dunia kerja dalam kriteria baik, dan efikasi diri dalam kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan keluarga, informasi dunia kerja, dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja. Pengetahuan mata diklat produktif tidak berpengaruh terhadap kesiapan kerja. Dukungan keluarga, pengetahuan mata diklat produktif, dan informasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Dukungan keluarga, pengetahuan mata diklat produktif, dan infromasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja melalui efikasi diri. Simpulan penelitian ini peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh dukungan keluarga dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja bersifat partial mediation. Sedangkan, peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh pengetahuan mata diklat produktif terhadap kesiapan kerja bersifat full mediation. Saran dalam penelitian ini siswa perlu berlatih mengendalikan diri dan mengasah keberanian serta keluarga dapat menambah fasilitas belajar dan membuat suasana yang kondusif untuk belajar dirumah sehingga akan tumbuh percaya diri dan memiliki kesiapan kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Dukungan Keluarga, Pengetahuan Mata Diklat Produktif, Informasi Dunia Kerja, Efikasi Diri.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Jan 2021 04:02
Last Modified: 15 Jan 2021 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43065

Actions (login required)

View Item View Item