PERAN SELF REGULATED LEARNING DALAM MEMODERASI PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK


Fita Ardiana, 7101416076 (2020) PERAN SELF REGULATED LEARNING DALAM MEMODERASI PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416076.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa sebagai insan yang dewasa selayaknya memiliki kemandirian yang tinggi dan lebih aktif dalam memperoleh pengetahuan. Mahasiswa dalam mengerjakan tugas akademik seharusnya bisa efektif dan efisien, namun masih terjadi prokrastinasi atau penundaan akademik di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran self-regulated learning dalam memoderasi pengaruh motivasi belajar dan keaktifan berorganisasi terhadap prokrastinasi akademik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer yang didapatkan melalui angket. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 yang berpengalaman mengikuti organisasi. Sampel diambil menggunakan teknik nonprobability sampling menggunakan porposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat prokrastinasi akademik yang terjadi dalam kategori rendah. Variabel motivasi belajar, keaktifan berorganisasi, dan self-regulated learning berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh negatif signifikan terhadap prokrastinasi akademik, namun keaktifan berorganisasi tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Hasil uji moderasi menunjukkan bahwa self-regulated learning memoderasi pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik, dan self-regulated learning tidak memoderasi pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prokrastinasi akademik. Simpulan penelitian bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, keaktifan berorganisasi tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, self-regulated learning memoderasi pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik, dan self-regulated learning tidak memoderasi pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prokrastinasi akademik. Saran dalam penelitian ini yaitu mahasiswa perlu membuat skala prioritas tugas akademik sehingga mengurangi terjadinya prokrastinasi akademik, meningkatkan dorongan dan keterbutuhan untuk belajar, dan meningkatkan self-regulated learning yang direalisasikan dengan perilaku nyata agar memperkuat pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Motivasi Belajar, Keaktifan Berorganisasi, dan Self-Regulated Learning.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:49
Last Modified: 15 Jan 2021 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43064

Actions (login required)

View Item View Item