PERAN KECERDASAN ADVERSITAS DALAM MEMODERASI PENGARUH PRESTASI AKADEMIK, TANGGUNG JAWAB DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP KOMPETENSI GLOBAL MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI


Muflihatun Nisa’, 7101416066 (2020) PERAN KECERDASAN ADVERSITAS DALAM MEMODERASI PENGARUH PRESTASI AKADEMIK, TANGGUNG JAWAB DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP KOMPETENSI GLOBAL MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416066.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Daya saing global di abad ke-21 sangat ketat, negara di seluruh dunia mengalami peningkatan ketergantungan global maka warga dunia harus memiliki kompetensi global. Berdasarkan hasil observasi awal dari 41 mahasiswa, hanya 48,8% yang mengetahui kompetensi global dan hanya 48,8% yang berkompetisi di tingkat daerah/wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kecerdasan adversitas dalam memoderasi pengaruh prestasi akademik, tanggung jawab dan status sosial terhadap kompetensi global mahasiswa pendidikan ekonomi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian menggunakan metode survei dengan angket. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2016 yang berjumlah 316 mahasiswa. Adapun jumlah sampel sebanyak 177 mahasiswa ditentukan berdasarkan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling berdasarkan program studi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil deskriptif variabel kompetensi global mahasiswa pendidikan ekonomi, prestasi akademik, tanggung jawab dan kecerdasan adversitas masuk kategori tinggi, namun variabel status sosial ekonomi masuk kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi akademik dan status sosial ekonomi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kompetensi global mahasiswa pendidikan ekonomi. Berbeda dengan tanggung jawab yang berpengaruh positif signifikan terhadap kompetensi global mahasiswa pendidikan ekonomi. Variabel kecerdasan adversitas tidak dapat memoderasi pengaruh prestasi akademik, tanggung jawab dan status sosial ekonomi terhadap kompetensi global mahasiswa pendidikan ekonomi. Simpulan dari penelitian ini adalah peran kecerdasan adversitas tidak dapat memoderasi pengaruh prestasi akademik, tanggung jawab dan status sosial ekonomi terhadap kompetensi global mahasiswa pendidikan ekonomi. Variabel independen yang dapat berpengaruh positif signifikan hanya tanggung jawab. Saran dari peneliti yaitu mahasiswa harus mempertahankan tanggung jawabnya dengan terus melaksanakan hidup jujur, disiplin dan mengikuti kegiatan untuk menjaga produktifitas serta pihak kampus utamanya jurusan pendidikan ekonomi dapat mendukung mahasiswa dengan mengadakan kegiatan internasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Global Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Prestasi Akademik, Tanggung Jawab, Status Sosial Ekonomi, Kecerdasan Adversitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:41
Last Modified: 15 Jan 2021 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43062

Actions (login required)

View Item View Item