PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL, DUKUNGAN SOSIAL, EFIKASI DIRI, DAN KETERLIBATAN ORGANISASI TERHADAP ADAPTABILITAS KARIER DENGAN REGULASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Lulusan Pendidikan Akuntansi Tahun 2017-2019)


Ridah Yulianti, 7101416025 (2020) PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL, DUKUNGAN SOSIAL, EFIKASI DIRI, DAN KETERLIBATAN ORGANISASI TERHADAP ADAPTABILITAS KARIER DENGAN REGULASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Lulusan Pendidikan Akuntansi Tahun 2017-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416025.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berkarier di era disrupsi merupakan tantangan yang sulit bagi alumni sebagai emerging adulthold, sehingga alumni perlu memiliki adaptabilitas karier. Adaptabilitas karier dapat digunakan sebagai strategi untuk menghadapi tantangan-tantangan karier yang ada pada era disrupsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh internal locus of control, dukungan sosial, efikasi diri, dan keterlibatan organisasi terhadap adaptabilitas karier dengan regulasi diri sebagai variabel moderasi pada lulusan pendidikan akuntansi tahun 2017-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitif. Populasi penelitian ini adalah lulusan pendidikan akuntansi tahun 2017-2019 berjumlah 471 orang. Berdasarkan populasi tersebut diambil sebanyak 210 orang sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi moderasi dengan moderated regression analysis. Hasil deskriptif variabel adaptabilitas karier sangat tinggi, internal locus of control, dan efikasi diri sangat tinggi, dukungan sosial tinggi, keterlibatan organisasi dan regulasi diri tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel internal locus of control, dukungan sosial, efikasi diri, dan keterlibatan organisasi terhadap adaptabilitas karier. Tidak terdapat pengaruh regulasi diri dalam memperkuat hubungan positif dan signifikan dari variabel internal locus of control, dukungan sosial, efikasi diri, dan keterlibatan organisasi. Berdasarkan hasil analisis, kesimpulan penelitian ini adalah variabel adapatabilitas karier dipengaruhi oleh internal locus of control, dukungan sosial, efikasi diri, dan keterlibatan organisasi. Variabel regulasi diri sebagai variabel moderasi tidak mampu memperkuat pengaruh positif dan signifikan variabel internal locus of control, dukungan sosial, efikasi diri, dan keterlibatan organisasi terhadap adaptabilitas karier. peneliti menyarankan agar pihak instansi tempat bekerja lulusan lebih meningkatkan lagi pendidikan dan pelatihan secara periodik. Bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti variabel moderasi lain terhadap adaptabilitas karier, seperti variabel efikasi diri atau keterlibatan organisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internal Locus of Control, Dukungan Sosial, Efikasi Diri, Keterlibatan Organisasi, Adapabilitas Karier, dan Regulasi Diri.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:32
Last Modified: 15 Jan 2021 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43060

Actions (login required)

View Item View Item